EFEKTIVITAS METODE DRILL BERMEDIA FLASH CARD DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB NEGERI SEMARANG


Rita Andayani, 6411411160 (2015) EFEKTIVITAS METODE DRILL BERMEDIA FLASH CARD DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411160.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyakit diare dan ISPA merupakan penyebab utama kematian pada anak. Risiko terjadinya penyakit diare dan ISPA dapat terjadi pada anak tunagrahita, karena kekurangan mereka dalam hal kebersihan badan. Anak dengan tunagrahita membutuhkan pelayanan kesehatan khususnya mencuci tangan pakai sabun dengan metode dan media yang sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill bermedia flash card dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak tunagrahita sedang. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 10 responden. Instrument yang digunakan berupa, flash card, kuesioner, dan check list. Hasil uji T Berpasangan dan Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan (p=0,005) dan praktik (p=0,011) pada kelompok eksperimen. Apabila nilai p value < 0,05 maka terdapat perbedaan yang bermakna antara pre test dan post test. Maka hasil penelitian ini adalah metode drill bermedia flash card berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik cuci tangan pakai sabun pada anak tunagrahita sedang. Diarrhea and ARI (Acute Respieatory Infection) are main caused of death happening to children. The risk for being infected by diarrhea and ARI can happen to mentally retarted children, since they are lack of body cleanliness. Mentally retarted children need health service especially handwashing wearing soap with method and appropriate media based on their characteristic. This research aims to discover the effectiveness of drilling method using flash card in order to increase moderate mentally retarded children’ knowledge and practice on handwashing wearing soap. This is a true experimental research with one group pretest-posttest. There are 10 respondents. The instruments used are flash card, questionnaire, and check list. The result of Paired t-test and Wilcoxon shows that there is a knowledge improvement (p=0,005) and practice (p=0,001) of experimental group. If the p value is < 0,05, there is a significant different between pretest and posttest. Therefore, the research result concludes that drilling method using flash card is effective to improve knowledge and practice of handwashing for children with moderate mental retardation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drilling method using Flash Card, Knowledge, Practice, Handwashing, Metode Drill Bermedia Flash Card, Pengetahuan, Praktik, Cuci Tangan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 16:02
Last Modified: 28 Nov 2017 16:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27872

Actions (login required)

View Item View Item