PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN ALAT TRAINER INSTALASI KENDALI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK DASAR SISTEM KONTROL DI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dwi Agung Panca Sakti , 5301409088 (2016) PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN ALAT TRAINER INSTALASI KENDALI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK DASAR SISTEM KONTROL DI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301409088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar mata kuliah praktik Dasar Sistem Kontrol Jurusan Teknik Elektro UNNES dihadapkan pada lemahnya mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan materi yang dipraktikan dengan alat praktik PLC Tariner Kit yang dibuktikan dengan hasil belajar. Lemahnya pemahaman dan penerimaan mahasiswa ini disebabkan kurangnya alat praktik sebagai media pembelajaran. Permasalahan tersebut maka perlunya pembuatan dan pemanfaatan menggunakan alat trainer Instalasi Kendali Motor Listrik Berbasis PLC dari pengembangan alat praktik PLC Trainer Kit. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest and postest yaitu adanya kelompok kontrol atau kelompok pembanding, tetapi sudah dilakukan observasi pertama (pretes) yang memungkinkan peneliti dapat menguji perubahan-perubahan yang terjadi setelah adanya perlakuan (Notoatmodjo, 2005: 164). Hasil analisis ditunjukan dengan rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen yaitu pada hasil belajar rata-ratanya mencapai 85,9 dan kelompok kontrol 77,1 pada posttest dibandingkan dengan hasil pretest sebelum menggunakan media hasil belajarnya mencapai 67,1 pada kelompok eksperimen dan 66,4 pada kelompok kontrol. Penggunaan media alat trainer Instalasi Kendali Motor Listrik Berbasis PLC mengalami perbedaan peningkatan hasil belajar lebih besar dibandingkan media pembelajaran menggunakan alat trainer PLC Trainer Kit. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan bahwa alat trainer Instalasi Kendali Motor Listrik Berbasis PLC dapat digunakan untuk pembelajaran praktik dasar sistem kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat trainer, media pembelajaran, kendali motor berbasis PLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 25 Nov 2017 12:46
Last Modified: 25 Nov 2017 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27784

Actions (login required)

View Item View Item