ALAT UKUR SUHU UNTUK PANEL LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN GELOMBANG PANAS PANEL LISTRIK YANG ADA DI GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNNES


Haryanto Arif Kurniadi , 5301409067 (2016) ALAT UKUR SUHU UNTUK PANEL LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN GELOMBANG PANAS PANEL LISTRIK YANG ADA DI GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301409067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Panel listrik merupakan pembagi aliran listrik. Kerusakan yang biasa terjadi pada panel listrik adalah keroposnya sambungan kabel pada panel listrik karena usia, sehingga menyebabkan sambungan menjadi kurang rapat. Hal itu menyababkan munculnya percikan api yang mungkin tidak terlihat oleh mata manusia, namun dapat menimbulkan panas pada sambungan. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan sambungan secara berkala menggunakan alat yang aman. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud membuat alat ukur suhu yang dapat digunakan tanpa harus memegang benda yang menghasilkan panas tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). penelitian akan dilakukan di Fakultas Teknik UNNES dengan cara membandingkan antara alat buatan peneliti dengan alat yang sudah ada dipasaran. Data yang dihasilkan berupa suhu yang diukur dari sambungan kabel yang ada didalam panel listrik yang ada di setiap gedung di Fakultas Teknik UNNES. Dari proses pembandingan tersebut didapatkan persentase selisih rata-rata sebesar 0,26%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari alat ukur buatan dan hasil dari alat ukur pembanding memiliki tingkat keakuratan yang tidak jauh berbeda. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar bisa melakukan kalibrasi pada badan yang bergerak di bidang kalibrasi alat ukur, agar hasil dari alat ukur lebih valid dan sesuai dengan standar nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Ukur Suhu Pada Panel Listrik.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 25 Nov 2017 12:47
Last Modified: 25 Nov 2017 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27783

Actions (login required)

View Item View Item