PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM MEMILIH PENGOBATAN PIJAT BAKARAN MENYAN MBAH PARSINAH DI DESA DAWUHAN, BANYUMAS


Kusrina Suci Nuari , 3401412043 (2016) PENGAMBILAN KEPUTUSAN PASIEN DALAM MEMILIH PENGOBATAN PIJAT BAKARAN MENYAN MBAH PARSINAH DI DESA DAWUHAN, BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mbah Parsinah sebagai salah satu tukang pijat di Desa Dawuhan memiliki cara pengobatan pijat yang berbeda dengan pengobatan pijat lainnya. Pengobatan pijat yang dimaksud yaitu pengobatan pijat dengan bakaran menyan. Pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah banyak dikunjungi oleh pasien yang berasal dari luar Desa Dawuhan, lalu mengapa pasien lebih memilih pengobatan pijat Mbah Parsinah daripada pengobatan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui proses pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah, (2) Mengetahui faktor yang memengaruhi pasien dalam memilih pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat di pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah. Informan dalam penelitian ini adalah Mbah Parsinah, pasien dan masyarakat luar Desa Dawuhan. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan konsep Etnomedisin Foster dan Anderson serta Model Pengambilan Keputusan Fauzi Muzaham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah dapat dikategorikan sebagai pengobatan tradisional yang bersifat personalistik dan naturalistik dengan lebih dominan personalistik. (2) Keputusan pasien memilih pengobatan pijat dengan bakaran menyan Mbah Parsinah berdasarkan beberapa tahapan yaitu tahap pengenalan, tahap pengambilan keputusan dan tahap pelaksanaan pengobatan. Tahapan-tahapan dilakukan untuk mempertimbangkan segala kemungkinan dalam pelaksanaan proses pengobatan dan penyembuhan. Saran dalam penelitian ini adalah bagi pasien yang datang berobat untuk tetap mempertimbangkan adanya pengobatan modern dengan tujuan dapat mengetahui perkembangan kondisi tubuh secara medis. Bagi Pemerintah Daerah, melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas diharapkan dapat bekerja sama dengan pengobatan Mbah Parsinah dengan tujuan pasien yang berobat di Mbah Parsinah tetap bisa memperhatikan kondisi tubuhnya secara medis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan Pasien, Pengobatan pijat dengan bakaran menyan, Mbah Parsinah, Desa Dawuhan
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine > Alternative Healing
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:44
Last Modified: 22 Nov 2017 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27727

Actions (login required)

View Item View Item