TUGAS AKHIR ANALISIS SISTEM MOTOR PENGGERAK PADA MOBIL LISTRIK DENGAN KAPASITAS SATU PENUMPANG
Aditya Kuswardana , 5211311002 (2016) TUGAS AKHIR ANALISIS SISTEM MOTOR PENGGERAK PADA MOBIL LISTRIK DENGAN KAPASITAS SATU PENUMPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan manusia pada saat ini mengalami banyak perkembangan, salah satunya adalah perkembangan di bidang otomotif, yang ditandai dengan meningkatnya permintaan jumlah kendaraan sebagai penunjang aktifitas kegiatan keseharian. Sedangkan di Indonesia hampir seluruh kendaraan yang beredar masih menggunakan bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utamanya. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan suatu ide, untuk menciptakan kendaraan alternatif sebagai pengganti kendaraan berbahan bakar minyak, yaitu dengan kendaraan terbarukan yang ramah dengan lingkungan. Energi listrik merupakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Energi listrik juga dapat diaplikasikan pada kendaraan sebagai sumber bahan bakar yaitu pada kendaraan. Penggunaan mobil listrik dirasa lebih efektif selain tidak menimbulkan polusi, kontruksinya lebih sederhana, suaranya halus, tahan lama, serta memiliki efisiensi energi yang tinggi dibanding dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Penggunaan mobil listrik tentunya membutuhkan motor listrik. Motor listrik terbagi menjadi 2 berdasarkan sumber arusnya yaitu motor arus searah (DC) dan motor arus bolak-balik (AC). Pada tugas akhir ini mobil listrik menggunakan motor DC bertipe brushless karena motor DC bertipe brushless memiliki rating putaran rpm yang tinggi, kecepatan motor DC dapat di kontrol dengan mudah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Motor DC tipe brushless berbeda dengan motor DC tipe brush. Pada motor DC tipe brushless tidak menggunakan sikat/brush untuk mengalirkan arus antara stator dan rotor. Hasil analisis pada sistem motor penggerak pada mobil listrik dengan kapasitas satu penumpang dijelaskan sebagai berikut : (1) Data hasil pengukuran arus pada motor listrik didapatkan arus yang mengalir pada RPM rendah, dan lebih rendah daripada RPM yang tinggi. Dengan hasil perbandingan penggunaan 3,53 ampere pada 100 RPM dan pada 10,33 ampere pada 556 RPM. (2) Motor listrik penggerak yang digunakan sebagai sistem penggerak pada mobil listrik dengan kapasitas satu penumpang, mampu melaju pada kecepatan 37,24 km/jam dengan menghiraukan faktor beban dan penghambat lainnya. (3) Motor penggerak yang digunakan sebagai sistem penggerak pada mobil listrik dengan kapasitas satu penumpang, mampu menempuh jarak sejauh 115,38 km dengan mengabaikan beban dan faktor penghambat lainnya serta kecepatan yang stabil. (4) Baterai yang digunakan untuk mensuplai arus motor yang digunakan sebagai sistem penggerak pada mobil listrik dengan kapasitas satu penumpang, mampu bertahan selama 9,06 jam dengan digunakan secara terus menerus tanpa berhenti.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motor listrik, sistem penggerak |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 12:35 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27723 |
Actions (login required)
View Item |