PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DI SEKOLAH SATUAN PENDIDIKAN KERJASAMA (SPK) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN JIWA NASIONALISME PADA SISWA (Studi Kasus di SMA Semesta Billingual Boarding School Semarang)


Atix Dwi Jayanti , 3401412036 (2016) PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DI SEKOLAH SATUAN PENDIDIKAN KERJASAMA (SPK) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN JIWA NASIONALISME PADA SISWA (Studi Kasus di SMA Semesta Billingual Boarding School Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Nasionalisme adalah rasa kesadaran berbangsa dan bernegara yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap warga negara. Salah satu upaya menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa yaitu melalui upacara bendera di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pelaksanaan Upacara Bendera di SMA Semesta Semarang. Pertanyaan – pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman dan pentingnya jiwa nasionalisme menurut guru dan siswa? (2) Bagaimana pelaksanaan upacara bendera di SMA Semesta Semarang? (3) Bagaimana respon atau tanggapan siswa terhadap pelaksanaan upacara bendera di SMA Semesta Semarang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini SMA Semesta Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Semesta Semarang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan teori dari George Herbert Mead tentang tahapan perkembangan anak terkait dengan proses sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada hakikatnya guru dan siswa memahami jiwa nasionalisme sebagai sikap cinta terhadap tanah air yang penting dimiliki setiap warga negara termasuk siswa. Upacara bendera di sekolah juga dianggap penting sebagai salah satu upaya penguatan jiwa nasionalisme siswa, (2) Pelaksanaan upacara bendera di SMA Semesta Semarang dilakukan terpisah antara siswa putra dan siswa putri kecuali upacara-upacara besar. Persiapan sepenuhnya dipegang oleh paskib. Pelaksanaan upacara dibagi tiga tahap : pra, pelaksanaan dan pasca atau evaluasi. Ada 3 hambatan : lingkungan (budaya sekolah dan teman sebaya), diri sendiri dan sarana prasarana. Berdasarkan analisis teori perkembangan anak dari George Herbert Mead tahap pertama yaitu tahap bermain (play stage) terjadi pada saat pra pelaksanaan (latihan). Pada saat pelaksanaan upacara dan kegiatan pasca atau evaluasi merupakan tahap kedua yaitu tahap permainan (game stage), (3) Respon atau tanggapan siswa terhadap pelaksanaan upacara bendera di SMA Semesta Semarang secara keseluruhan baik. Ada 2 macam respon atau tanggapan siswa : kritikan dan pujian atau apresiasi. Hal – hal yang dikritik: susunan acara, partisipasi guru dan siswa dan sistem pemisahan satuan antara putra dan putri. Sedangkan respon atau tanggapan berupa pujian atau apresiasi berdasarkan toleransi dan latar belakang. Adanya respon ini menunjukkan siswa mulai masuk pada tahap generalized other (orang lain yang digeneralisir) yang muncul dari tahapan perkembangan kedua. Saran: (1) Bagi pengelola sekolah alangkah lebih baik mendukung sarana prasarana dalam upacara bendera di sekolah (2) Bagi guru memberi contoh kepada siswa dengan datang tepat waktu dan selalu mengikuti pelaksanaan upacara bendera di sekolah dengan khidmat dan bagi siswa yaitu : (a) Petugas upacara digilir (b) Formasi pasukan pengibar bendera dikreasikan dan (c) Menerapkan sikap disiplin dan saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Upacara Bendera di Sekolah, Tahap Perkembangan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 17:24
Last Modified: 22 Nov 2017 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item