PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM BAHAN BAKAR PGM-FI BERBASIS LECTORA INSPIRE
Dewi Mega Puspitasari , 5202412025 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM BAHAN BAKAR PGM-FI BERBASIS LECTORA INSPIRE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan multimedia pembelajaran interaktif sistem bahan bakar PGM-FI berbasis Lectora Inspire yang dijadikan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif kompetensi mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Pertama tahap analyze, yaitu menganalisis kondisi dan kebutuhan media pembelajaran, proses belajar mengajar yang digunakan selama ini pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif kompetensi Mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Kedua tahap design atau perancangan, yaitu proses merancang multimedia pembelajaran interaktif menggunakan software lectora inspire yang dapat membantu dan mempermudah pemahaman materi pembelajaran. Ketiga tahap develop, yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire ini dibuat kemudian diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Keempat tahap implement atau penerapan, yaitu tahapan mengujicobakan multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan pada peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen one grup sample pre-test and post-test. Terakhir tahap evaluate atau evaluasi, yaitu tahapan yang dilakukan untuk mengevaluasi media pembelajaran yang telah dikembangkan dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis deskriptif dihasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Terlihat dari jumlah skor yang didapat dari hasil validasi ahli materi I dan II sebesar 242 dengan kriteria sangat valid (sangat layak) dan jumlah skor yang didapat dari hasil validasi ahli media I dan II sebesar 297 dengan kriteria sangat valid (sangat layak). Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif juga didukung dengan hasil analisis deskriptif kuantitatif, diketahui bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu tes awal atau pre-test menunjukkan rata-rata 73,85 dan hasil tes akhir (post-test) 88,84 dengan demikian besar peningkatan yang terjadi adalah 15,00 atau 16,88%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan tanpa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, multimedia pembelajaran interaktif, sistem bahan bakar PGM-FI, dan Lectora Inspire. |
Subjects: | L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 16:45 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 16:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27704 |
Actions (login required)
View Item |