MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLABASKET MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH TAHUN 2015 (Studi Kasus Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak Tahun 2015)
Agus Cahyono , 6301411133 (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLABASKET MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH TAHUN 2015 (Studi Kasus Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pendidikan jasmani khususnya keterampilan dribble bolabasket ditemukan beberapa masalah. Hal ini disebabkan terbatasnya sumber-sumber media yang digunakan, metode pembelajaran yang di sampaikan oleh guru membosankan dan siswa terlihat kurang berminat karena pembelajaran tersebut kurang menarik. Sedangkan dari hasil data awal yang didapat melalui PPL di SMA Negeri 1 Karangtengah pada siswa kelas X yang berjumlah 200 siswa, meliputi: Shooting (104 siswa dinyatakan tidak tuntas dan 96 dinyatakan tuntas), Passing (99 siswa dinyatakan tidak tuntas dan 101 dinyatakan tuntas), Dribble (147 siswa dinyatakan tidak tuntas dan 53 dinyatakan tuntas). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar dribble bolabasket pada siswa (puteri) kelas X SMA Negeri 1 Karangtengah?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian melalui tahapan-tahapan: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi baik di siklus I maupun siklus II. Sample penelitian adalah siswa (puteri) kelas X SMA Negeri 1 Karangtengah sejumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: Observasi, dokumentasi, tes keterampilan dan Kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 2,67 atau 66,75%. Pada siklus I hasil penilaian mencapai 64,25% (baik). Meliputi ranah afektif mencapai 46,25% (cukup), ranah kognitif mencapai 84,50% (sangat baik), ranah psikomotor mencapai 61,75% (baik), sedangkan pada siklus II hasil penilaian mencapai 81,81% (sangat baik). Meliputi ranah afektif mencapai 86,50% (sangat baik), ranah kognitif mencapai 92,25% (sangat baik), ranah psikomotor mencapai 66,75% (baik). Untuk peningkatan hasil penilaian dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai 17,56%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dribble bolabasket menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar dribble pada siswa (puteri) kelas X SMA Negeri 1 Karangtengah Tahun 2015.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Pembelajaran, Penjas, Bolabasket, Dribble, Audiovisual |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 15:52 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 15:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27658 |
Actions (login required)
View Item |