METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN MORAL SISWA OLEH GURU PPKN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMA N 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL JAWA TENGAH


Wulan Septi Liana , 3301412161 (2016) METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN MORAL SISWA OLEH GURU PPKN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMA N 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan harus mampu mengembangkan kecerdasan siswa, baik kecerdasan akal maupun kecerdasan moral. Pembelajaran moral yang digunakan oleh Guru PPKn diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan moral siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pengembangan kecerdasan moral siswa dan metode yang digunakan oleh Guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMA Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif. Objek dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan oleh Guru PPKn untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PPKn yang berjumlah dua orang, satu wakil kepala sekolah bidang penjamin mutu, dan delapan siswa. Metode pengumpulan data berupa: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa terdapat faktor yang mendorong Guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral, yaitu faktor internal meliputi tanggung jawab sebagai guru, visi dan misi SMA Negeri 1 Slawi, pentingnya pendidikan moral bagi siswa, dan Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh SMA N 1 Slawi. Sedangkan faktor eksternal meliputi meningkatnya efek negatif dari perkembangan globalisasi. Metode yang digunakan oleh Guru PPKn untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa adalah melalui berbagai upaya yang dilakukan, baik di dalam maupun di luar kelas. metode tersebut memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa, membiasakan siswa untuk melakukan kebaikan, dan memberikan nasihat kepada siswa. Dalam penerapan metode pengembangan kecerdasan moral terdapat kendala yang meghambatnya. Kendala-kendala tersebut adalah penggunaan fasilitas internet yang tidak didampingi oleh guru, terbatasnya waktu belajar siswa di sekolah, serta kurangnya gambaran atau contoh teladan bagi siswa di lingkungan sekitar. Saran, perlu adanya kerjasama yang baik dari seluruh komponen sekolah untuk terlibat secara langsung dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa, serta perlunya peningkatan inovasi metode pembelajaran moral oleh Guru PPKn agar nilai-nilai yang disampaikan kepada siswa dapat terinternalisasi dengan baik dalam diri siswa, serta perlunya pendampingan kepada siswa dalam penggunaan teknolog di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Moral, Metode Pembelajaran Moral, Guru PPKn
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 18:38
Last Modified: 20 Nov 2017 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27633

Actions (login required)

View Item View Item