EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMK NEGERI 10 SEMARANG


Nurul Faizah, 3301412151 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X DI SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (970kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran PPKn di SMK Negeri 10 Semarang, guru masih sering menggunakan metode ceramah, akan tetapi usaha tersebut belum mencapai hasil yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi belajar mengajar model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray?, 2) Bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi belajar mengajar model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. 2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 10 Semarang yang terdiri dari kelas eksperimen. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Desain yang digunakan adalah one group pre test post test design. Jenis penelitian ini pre-experimental design yang biasa disebut “quasi experiment”. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pelaksanaan post test nilai tertinggi adalah 97 sedangkan nilai terendah 70 terlihat terjadi peningkatan nilai setelah pelaksanaan pembelajaran. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,93 sehingga dapat disimpulkan jika terjadi kenaikan rata-rata kelas dari rata-rata sebelumnya yakni 72,06. Selisih kenaikan rata-rata kelas yaitu 11,88. Hasil uji t menggunakan SPSS 22 didapatkan signifikansi sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 29 peserta didik. Berdasarkan pre test dan post test dapat diketahui bahwa nilai thitung= 6,468. Dari perhitungan tersebut diperoleh 6,468 > 2,048 (thitung > ttabel) dan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Namun pada pembelajaran TSTS perlu adanya pergantian peran untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebosanan, juga agar peserta didik lebih serius menggali informasi sebelum melaksanakan peran masing-masing. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih kreatif, bervariasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 18:11
Last Modified: 20 Nov 2017 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27628

Actions (login required)

View Item View Item