PENDIDIKAN KARAKTER KEAGAMAANISLAM PADA ANAK ASRAMA PENDIDIKAN ISLAM (API) BAITUL HIKMAH DI DESA BUKATEJA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA


Istiqomah , 3301412138 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER KEAGAMAANISLAM PADA ANAK ASRAMA PENDIDIKAN ISLAM (API) BAITUL HIKMAH DI DESA BUKATEJA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412138.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (374kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya yaitumembentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Karakter keagamaan adalah seseorang yang mampu mencerminkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam pelaksanaan ibadah dan dalam bentuk kebaikan moral.Tujuan penelitian ini,yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter keagamaan pada anak yang diselenggarakan oleh Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah di Desa Bukateja, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Latar penelitian ini adalah Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, uji kebsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: Pengasuh Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah, ustaz-ustazah Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah, wali santri Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah, santri-santri Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pendidikan karakter keagamaan Islam dituangkan dalam kegiatan belajar mengajar yang terbagi ke dalam tujuh tingkatan kelas, yaitumembaca Iqra,doa wudu dan praktik wudu, hafalan bacaan salat dan praktik salat, hafalan syiir bahasa arab, hafalan Asmaul Husna, kajian tajwid Hidayatush Sibyan, dan kajian kitab Aqidatul Awam. (2) karakteryang yang menjadi materi pendidikan di Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah adalah karakter disiplin, karakter mandiri, karakter tawakal, dan karakter ukhuwuh Islamiyah. (3) evaluasi pendidikan karakter keagamaan Islam di Asrama Pendidikan Islam (API) Baitul Hikmah dilakukan melalui pengawasan /monitoring dan kegiatan haflah attasyakur lil ikhtitam. Saran yang diberikan penulis adalah (1) bagi pengasuh, diharapkan lebih intensif dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku santri dan memberikan saran yang tegas dan edukatif, (2) bagi Asrama Pendidikan Isalam (API) Baitul Hikmah diharapkan mampu melengkapi sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar. (3) bagi pihak pemerintah terutama Dinas Pendidikan diharapakan dapat menerapkan pendidikan pendidikan karakter keagamaan Islam sebagai salah satu contoh dalam pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Keagamaan Islam, Anak Asrama
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 17:53
Last Modified: 20 Nov 2017 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27625

Actions (login required)

View Item View Item