PERAN PENERAPAN JOBSHEET BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL PRAKTIK MEMBUBUT MEMANJANG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK N 2 SALATIGA


Rizqi Baskoro Putro , 5201412036 (2016) PERAN PENERAPAN JOBSHEET BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL PRAKTIK MEMBUBUT MEMANJANG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK N 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran dan memberikan implikasi pada keberlanjutan penerimaan materi dan kemampuan siswa. Salah satu media yang sangat penting dalam proses pembelajaran praktik pemesinan adalah jobsheet. Penggunaan jobsheet yang maksimal diharapkan dapat membuat siswa mengembangkan potensi dari tugas yang diberikan. Jobsheet berbasis problem solving memungkinkan siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan secara mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah peran jobsheet berbasis problem solving terhadap hasil praktik membubut memanjang siswa SMK N 2 Salatiga? (2) Seberapa besar peran jobsheet berbasis problem solving terhadap hasil praktik membubut memanjang siswa SMK N 2 Salatiga? Desain eksperimen yang dipakai peneliti adalah one group test design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TPM di SMK N 2 Salatiga dengan jumlah 40 peserta didik pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TPM A sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang dipakai adalah sampel random. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Peran Penerapan Jobsheet berbasis problem solving. Hasil praktik membubut memanjang sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata – rata nilai jobsheet berbasis problem solving dengan materi membubut memanjang dan nilai praktik membubut memanjang hampir sama dengan nilai jobsheet sebesar 82.08 dan nilai praktik sebesar 81.28 dan dikategorikan sangat tinggi; (2) ada peran dalam penerapan jobsheet berbasis problem solving terhadap hasil praktik membubut memanjang siswa SMK N 2 Salatiga dengan besar peran 23.5% yang dikategorikan masih rendah. Peneliti menyarankan agar guru guru/instruktur menggunakan jobsheet tersebut pada proses pembelajaran praktik pemesinan pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, jobsheet berbasis problem solving, Hasil praktik membubut memanjang.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 20 Nov 2017 17:33
Last Modified: 20 Nov 2017 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27612

Actions (login required)

View Item View Item