PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KOTA SEMARANG


Luzna silviyani , 3301412129 (2016) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412129.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (561kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 dan PP No 17 Tahun 2010 adalah membangun landasan berkembangnya potensi peserta didik dengan karakter. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut TK Negeri Pembina Kota Semarang menanamkan karakter religius dan disiplin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penanaman karakter religius dan disiplin dan hambatannya di TK Negeri Pembina Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius di TK Negeri Pembina Kota Semarang dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kultur sekolah dilakukan melalui cara yang sama yaitu knowing, felling dan acting, serta habit. Melalui knowing dilakukan dengan ceramah atau memberi nasehat tentang karakter religius. Perasaan (felling) dan pelaksanaan (acting) dilakukan dengan wujud nyata/ tindakan anak-anak yaitu berdo’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, bersalaman dengan guru dan temannya, pembelajaran agama, dan mengisi kotak infaq dan persembahan. Pelaksanaan karakter tersebut dibiasakan (habit) dalam kegiatan anak-anak sehari-hari baik di dalam pembelajaran (intrakurikuler), ekstrakurikuler, maupun kultur sekolah. Penanaman karakter disiplin juga dilakukan di dalam pembelajaran (intrakurikuler), ekstrakurikuler, dan kultur sekolah melalui knowing, felling dan acting, serta habit. Pelaksanaan knowing disiplin sama dengan religius yaitu disampaikan dengan ceramah atau nasehat tentang karakter disiplin. Sedangkan felling dan acting karakter disiplin terwujud dalam bentuk tindakan anak seperti mengikuti upacara bendera, berbaris dengan tertib, mengembalikan barang-barang yang dipakai pada tempatnya, dan mentaati tata tertib kelas dan sekolah. Pelaksanaan felling dan acting karakter disiplin ini dibiasakan (habit) dalam kegiatan anak-anak dalam kehidupan di kelas maupun luar kelas sebagai wujud penanaman karakter sejak dini. Saran, perlu adanya fasilitas tempat ibadah bagi non Islam dan adaya penghargaan bagi anak yang disiplin agar memotivasi anak untuk bersikap disiplin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Karakter Religius, Karakter Disiplin
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 14:13
Last Modified: 20 Nov 2017 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item