PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN TEKNIK PELATIHAN DASAR DI ALAM TERBUKA SISWA KELAS XA SMA NEGERI SUMPIUH
Dezy Aminurul , 2101406593 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN TEKNIK PELATIHAN DASAR DI ALAM TERBUKA SISWA KELAS XA SMA NEGERI SUMPIUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN TEKNIK PELATIHAN DASAR DI ALAM TERBUKA SISWA KELAS XA SMA NEGERI SUMPIUH)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Puisi merupakan karya sastra yanng memiliki kekhususan, baik ditinjau dari segi bahasa, pemilihan kata, maupun keindahan dalam rangkaian tiap baris. Salah satu cara memhami puisi adalah dengan meningkatkan kemampuan pembacaan. Pembelajaran sastra khususnya pembelajaran membaca puisi di sekolah-sekolah khususnya di kelas XA SMA Negeri Sumpiuh selama ini kurang begitu disenangi, sebab siswa kurang termotivasi, karena siswa kurang percaya diri pada saat membaca puisi. Oleh karena itu, sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan teknik pelatihan dasar di alam terbuka dalam pembelajaran membaca puisi. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membca puisi pada siswa kelas XA SMA negeri Sumpiuh setelah mengikuti pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan teknik pelatihan dasar di alam terbuka dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XA SMA Negeri Sumpiuh setelah diadakan pembelajaran membaca puisi dengan teknik pelatihan dasar di alam terbuka. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas XA SMA Negeri Sumpiuh setelah pembelajaran membaca puisi melalui teknik pelatihan dasar di alam terbuka dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas XA SMA Negeri Sumpiuh setelah diadakan pembelajaran membaca puisi melalui teknik pelatihan dasar di alam terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes dapat diketahui bahwa keterampilan membaca puisi siswa kelas XA SMA Negeri Sumpiuh setelah mengikuti pembelajaran membaca puisi melalui teknik pelatihan dasar di alam terbuka telah terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68, 17. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,08. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,91 poin atau 15%. Peningkatan keterampilan membaca puisi tersebut diikuti dengan perubahan perilaku siswa semakin aktif dan antusias dengan pembelajaran membaca puisi dengan teknik pelatihan dasar di alam terbuka. Simpulan penelitian ini adalah teknik pelatihan dasar di alam terbuka mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi dan dapat mengubah perilaku siswa kelas XA SMA Negeri Sumpiuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia , agar lebih kreatif dan bersikap lebih terbuka dalam pembelajaran membaca puisi adalah dengan menggunakan teknik pelatihan dasar di alam terbuka. Bagi siswa disarankan untuk lebih mengenal, mencintai karya sastra dan selalu berlatih membaca puisi serta lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi para peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dan untuk menambah khasanah ilmu sastra.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membaca puisi, teknik pelatihan dasar di alam terbuka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Jun 2011 01:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2760 |
Actions (login required)
View Item |