KETELADANAN GURU PKn SEBAGAI MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DEMAK
Dwi Wahyu Windayani , 3301412089 (2016) KETELADANAN GURU PKn SEBAGAI MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru merupakan sosok yang digugu dan di tiru dalam setiap sikap dan perilakunya oleh siswa termasuk dalam hal kedisiplinannya. Untuk menularkan kedisiplinan pada anak didiknya, guru harus menjadi model panutan yang dapat di contoh dalam setiap sikap dan perilakunya. Disiplin digunakan untuk membentuk sikap taat dan sadar siswa terhadap suatu aturan yang berlaku baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di masyarakat. Sehingga guru perlu menanamkan karakter disiplin dalam diri anak didiknya. karakter disiplin dibutuhkan dalam upaya melatih tanggung jawab dan kemandirian siswa yang nantinya akan berguna bagi keberhasilan siswa. Berdasarkan latar belakang di atas maka perlu diadakan penelitian mengenai kondisi kedisiplinan siswa, penegakan kedisiplinan, dan kedisiplinan yang ditiru siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan (1) kondisi kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Demak, (2) persepsi diri guru PKn dan upaya dalam penegakan kedisiplinan di sekolah, (3) kedisiplinan apa sajakah yang di tiru oleh siswa kelas VIII dari guru PKn. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian pertama mengetahui kondisi kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Demak; persepsi diri Guru PKn dan upaya dalam penegakan kedisiplinan di sekolah; dan kedisiplinan yang ditiru oleh siswa kelas VIII dari Guru PKn. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi kedisiplinan siswa kelas VIII belum maksimal dan kedisiplinan yang paling dominan pada kelas VIII yaitu disiplin waktu; (2) Kedisiplinan waktu dan ibadah merupakan persepsi diri PKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Demak; (3) Kedisiplinan yang ditiru siswa pada diri guru PKn kelas VIII berupa kedisiplinan sikap guru dalam berpakaian rapi dan disiplin waktu. Dari hasil penelitian diatas, hal yang disarankan peneliti adalah (1) bagi siswa yang belum disiplin, untuk lebih meningkatkan kedisiplinannya lagi dengan cara belajar mematuhi peraturan yang telah di buat oleh pihak sekolah;(2) bagi Guru PKn, untuk meningkatkan kembali empat kompetensi seorang guru khususnya aspek kepribadian,(3) bagi SMP Negeri 1 Demak untuk memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan, Model, Disiplin |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 14:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 14:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27592 |
Actions (login required)
View Item |