PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PENGANTAR PRAKTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK ELEKTROPNEUMATIK
Septian Eko Cahyanto , 5201411087 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PENGANTAR PRAKTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK ELEKTROPNEUMATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar praktik elektropneumatik dengan media video pengantar praktik dibandingkan dengan menggunakan media gambar. Dengan adanya media video pengantar praktik ini diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami praktik elektropneumatik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain Control Group Pre-test – Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin S1 yang mengikuti mata kuliah Pneumatik dan Hidrolik. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar dari 66,9 menjadi 79,16 sehingga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 12,26. Pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar dari 66,6 menjadi 69,4 sehingga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 2,8.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pengantar Praktik, Elektropneumatik, Hasil Belajar |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 16:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 16:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27557 |
Actions (login required)
View Item |