RELEVANSI KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DENGAN KOMPETENSI YANG DICAPAI DI DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI)


Galih Prasetyo , 5201409118 (2016) RELEVANSI KOMPETENSI SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DENGAN KOMPETENSI YANG DICAPAI DI DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendiskripsikan pencapaian kompetensi yang dicapai siswa di sekolah dan di DUDI. Beberapa sub variabel yang akan diteliti meliputi aspek pengetahuan (kognitif), aspek sikap(afektif), aspek keterampilan (psikomotorik) dan menganalisis relevansi/kesesuaian antara pencapaian kompetensi di sekolah dan di DUDI. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Sampel berjumlah 34 siswa jurusan Teknik Pemesinan (TP) SMK Saraswati Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket untuk aspek afektif. Validitas dilakukan oleh guru. Analisis data dengan deskriptif persentase dan korelasi product moment . Hasil penelitian menunjukan rata-rata kompetensi yang dicapai oleh siswa di sekolah dari tiga aspek yaitu 1)aspek kognitif sebesar 83,07 %(Baik), 2) Aspek afektif sebesar 80,17 % (Baik), Aspek psikomotorik sebesar 92,59 % (Sangat Baik). Sedangkan rata-rata pencapaian siswa di DUDI dari tiga aspek yaitu : 1)Aspek kognitif sebesar 85,62% (Baik), 2) Aspek afektif sebesar 82,42 % (Baik), 3)Aspek psikomotorik sebesar 81,42% (Baik). Dari kedua pencapaian kompetensi siswa setelah dianalisa dengan menggunakan korelasi product moment menunjukan : Dari kedua pencapaian kompetensi siswa di sekolah dengan pencapaian kompetensi siswa di DUDI menunjukan : 1)Aspek kognitif, tidak relevan (r =0,089) 2) Aspek afektif, tidak relevan (r =0,102) 3) Aspek psikomotorik, tidak relevan (r =0,094). Pencapaian kompetensi yang di capai di sekolah tidak relevan dengan pencapaian di DUDI (r =0,280). Saran peneliti setelah melaksanakan penelitian sebagai berikut 1) Sebaiknya siswa harus mampu menerapkan kompetensi yang diajarkan sekolah dalam DUDI agar memperoleh hasil yang lebih baik dari ketiga aspek, khususnya aspek psikomotorik yang lebih ditekankan. 2) SiswaPrakerin juga lebih meningkatkan kemampuan pengetahuan, kemampuan sikap dan kemampuan keterampilan. 3)Perlu diadakan monitoring yang lebih baik antara pihak sekolah dan DUDI dalam mengamati setiap siswa agar dapat memperoleh nilai yang lebih baik. 4) Penilaian yang dilakukan dalam kegiatan Prakerin sebaiknya secara objektif sehingga siswa dapat mengetahui atau mengukur kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Kompetensi, Teknik Pemesinan, DUDI
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:54
Last Modified: 15 Nov 2017 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item View Item