STUDI RELEVANSI KOMPETENSI SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMKN 02 KENDAL DENGAN KOMPETENSI YANG DICAPAI SISWA DI DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI)


Septa Adya Anoraga , 5201409078 (2016) STUDI RELEVANSI KOMPETENSI SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMKN 02 KENDAL DENGAN KOMPETENSI YANG DICAPAI SISWA DI DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201409078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendiskripsikan pencapaian kompetensi yang dicapai siswa di sekolah dan di DUDI dari tiga aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) dan menganalisis relevansi/kesesuaian antara pencapaian kompetensi di sekolah dan di DUDI. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Sampel berjumalah 31 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 02 Kendal. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket, dokumentasi untuk memperoleh data nilai yang dicapai siswa di sekolah meliputi kognitif dan psikomotorik, DUDI meliputi kognitif, afektif, psikomotorik, metode pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data nilai aspek afektif di sekolah. Validitas instrumen diuji menggunakan metode expert judgement. Analisis data dengan deskriptif persentase dan korelasi product moment . Hasil penelitian menunjukan kompetensi yang dicapai oleh siswa di sekolah dari tiga aspek yaitu 1) Aspek kognitif 87,55 % (Sangat Baik), 2) Aspek afektif 83,18 % (Baik), 3) Aspek psikomotorik 94,55 % (Sangat Baik). Sedangkan pencapaian siswa di DUDI dari tiga aspek yaitu : 1) Aspek kognitif 87,74% (Sangat Baik), 2) Aspek afektif 86,91 % (Sangat Baik), 3) Aspek psikomotorik 84,67% (Baik). Dari kedua pencapaian kompetensi siswa di sekolah dengan pencapaian kompetensi siswa di DUDI menunjukan : 1)Aspek kognitif, tidak relevan. 2) Aspek afektif, relevan. 3) Aspek psikomotorik, tidak relevan Saran peneliti sebagai berikut 1) Sebaiknya siswa harus mampu menerapkan kompetensi yang diajarkan sekolah dalam DUDI agar memperoleh hasil yang lebih baik dari ketiga aspek, khususnya aspek psikomotorik yang lebih ditekankan. 2) Kompetensi yang diajarkan di sekolah sebaiknya harus menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan di DUDI khususnya dalam aspek psikomotorik. 3)Perlu diadakan monitoring yang lebih baik antara pihak sekolah dan DUDI dalam mengamati setiap siswa agar dapat memperoleh nilai yang lebih baik. 4) Penilaian yang dilakukan dalam kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) sebaiknya secara objektif sehingga siswa dapat mengetahui atau mengukur kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Kompetensi, Teknik Kendaraan Ringan, DUDI
Subjects:
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 15 Nov 2017 15:06
Last Modified: 15 Nov 2017 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27503

Actions (login required)

View Item View Item