PEMBINAAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH ANORGANIK MENJADI KERAJINAN DI GUGUS DEPAN 03.061-03.062 SMP NEGERI 13 SEMARANG


Deny Wiharyati , 3301412031 (2016) PEMBINAAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH ANORGANIK MENJADI KERAJINAN DI GUGUS DEPAN 03.061-03.062 SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (615kB) | Preview

Abstract

Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan, dan mengembangkan upayaupaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Salah satu penyebab rusaknya lingkungan adalah sampah anorganik. Oleh karena itu pembina perlu mengajarkan kepada siswa cara pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen, hasil kerajinan, kendala, dan dampak dalam pembinaan karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan di Gugus Depan 03.061-03.062 SMP Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembinaan karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Data dijaring dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan interaktif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; (2) produk kerajinan dari pengelolaan sampah anorganik terdiri dari bunga, pot, vas, kotak tissu, tas, roket, dan kotak pensil; (3) cuaca merupakan kendala yang utama dalam pelaksanaan pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan; (4) dampak yang ditunjukkan antara lain motivasi siswa, siswa dapat membuat kerajinan, siswa peduli terhadap lingkungan. Saran yang diberikan penulis adalah: (1) bagi sekolah diharapkan menyediakan tempat pemisahan sampah organik dan anorganik yang memadai di lingkungan sekolah, sehingga sampah dapat terkumpul sesuai jenisnya ketika membuang sampah; (2) bagi pembina diharapkan memberikan pemahaman dan motivasi kepada siswa tentang kerajinan dari bahan sampah anorganik, sehingga kerajinan tersebut dapat diperjual belikan kepada orang tua siswa maupun kepada masyarakat; (3) bagi siswa diharapkan memiliki keterampilan dan kreativitas sehingga dapat disumbangkan pada masyarakat dikehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli Lingkungan, Pengelolaan Sampah Anorganik Menjadi Kerajinan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 14:25
Last Modified: 15 Nov 2017 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item