PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN SEBAGAI SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN


Aziz Zindani , 3301412021 (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN SEBAGAI SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Kehidupan manusia erat sekali hubungannya dengan lingkungan namun masih kurang rasa kepedulian dan tanggungjawabnya terhadap lingkungan, sehingga perlu diterapkan pendidikan karakter peduli lingkungan. Karakter peduli lingkungan ini dibutuhkan dalam upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi negara ini salah satunya masalah kerusakan lingkungan. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan sering dikemas dalam sebuah sekolah berwawasan lingkungan. Demikian SMK N 1 Gombong sebagai sekolah berwawasan lingkungan yang menerapkan karakter peduli lingkungan sebagai usaha pengelolaan dna pelestarian lingkungan hidup. Dari latar belakang diatas maka perlu diadakan penelitiaan mengenai (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) monitoring (4) faktor pendukung dan penghambat di SMK N 1 Gombong sebagai sekolah berwawasan lingkungan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian pertama, mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan monitoring karakter peduli lingkungan yang ada di SMK Negeri 1 Gombong dan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan yang telah diterapkan. Kedua faktor pendukung dan faktor penghambat internal maupun eksternal dalam pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMK Negeri 1 Gombong.Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Analisis data interaktif dari pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan kegiatan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMK N 1 Gombong masuk dalam tujuan, sasaran, dan program yang sesuai dengan sistem manajemen lingkungan, pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter peduli lingkungan masuk dalam 3 kegiatan yang dilakukan secara terpadu yaitu, kegiatan rutin, terprogram dan spontan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Monitoring kegiatan melalui audit internal dan pengawasan langsung. Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan ini yaitu kebijakan lingkungan kepala sekolah, sarana prasarana, kantor lingkungan hidup Kebumen, masyarakat sekitar dan mitra sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesadaran pentingnya pelestarian dari beberapa siswa dan masyarakat sekitar yang masih kurang dan menjadi kendala. Saran peneliti untuk SMK N 1 Gombong dalam pelaksanaannya memberikan sanksi tegas terhadap siswa yang tidak mau melakukan kegiatan peduli lingkungan, membudayakan 1 (satu) pohon 1 (satu) siswa selama belajar di SMK N 1 Gombong, mengajak masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan PPLH sehingga dapat meningkatkan rasa kesadaran peduli lingkungan masyarakat terhadap lingkungannya. Untuk dinas pendidikan kabupaten kebumen supaya menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah-sekolah lain dengan pengawasan yang berkelanjutan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Sekolah Berwawasan Lingkungan, Adiwiyata.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 13:23
Last Modified: 15 Nov 2017 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item