PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK PEMBELAJARAN KEBENCANAAN LONGSOR DI SMPN 41 SEMARANG


Yeyen Janatul I’liyin , 3201412147 (2016) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK PEMBELAJARAN KEBENCANAAN LONGSOR DI SMPN 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (731kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan lokasi, SMPN 41 Semarang terletak di daerah yang mempunyai potensi bencana longsor sehingga pembelajaran kebencanaan untuk siswa SMPN 41 Semarang menjadi sesuatu yang penting. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui tingkat pengetahuan kebencanaan longsor pada siswa SMPN 41 Semarang. 2) Mengukur tingkat kesesuaian komik untuk proses pembelajaran kebencanaan longsor di SMPN 41 Semarang. 3) Mengukur efektifitas komik dalam meningkatkan tingkat pengetahuan bencana longsor siswa pada pembelajaran kebencanaan longsor di SMPN 41 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan kelas kontrol atau disebut dengan Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Dimana satu kelompok diberikan perlakuan khusus dan kelompok lain tidak diberikan perlakuan khusus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 41 Semarang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sample sehingga sampel penelitian adalah siswa kelas VII A (kontrol) dan VII D (eksperimen) yang berjumlah 60 siswa. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu komik bencana longsor dan efektifitas media komik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh, bahwa tingkat awal pengetahuan kebencanaan longsor siswa SMPN 41 Semarang dapat dikatakan rendah karena rata-rata kedua kelas tidak mencapai 70. Komik bencana longsor yang digunakan dalam pembelajaran kebencanaan longsor di SMPN 41 Semarang mempunyai tingkat kesesuaian yang sangat tinggi dengan kondisi lingkungan SMPN 41 Semarang. Setelah dilakukan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan media komik bencana longsor didapatkan nilai afektif siswa mempunyai nilai kriteria sangat baik dan psikomotorik baik. Tingkat pengetahuan setelah pembelajaran pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata nilai posttest mencapai 82,2 sedangkan pada kelas kontrol (media power point), rata-rata hasil posttest mencapai 68,3. Ketuntasan pemahaman siswa dalam pembelajaran menggunakan komik bencana mencapai angka 96,67%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa komik bencana longsor mempunyai tingkat kesesuaian yang sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan peningkatan pengetahuan bencana longsor siswa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media power point. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik efektif dalam pembelajaran kebencanaan di SMPN 41 Semarang. Saran yang disampaikan peneliti adalah media komik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran kebencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Pembelajaran Kebencanaan, Bencana Longsor, Tingkat Pengetahuan.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 13:13
Last Modified: 10 Nov 2017 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item View Item