PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR MELALUI MEDIA POSTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR


Marsiatun , 3201412110 (2016) PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR MELALUI MEDIA POSTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412110.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (476kB) | Preview

Abstract

Kecamatan Sidareja merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Cilacap yang sering terkena bencana banjir. Kurangnya sosialisasi dan informasi tentang kebencanaan di masyarakat khususnya di sekolah menjadikan rendahnya tingkat pengetahuan siswa terhadap berbagai macam bencana khususnya bencana banjir. Pendidikan kesiapsiagaan bencana banjir merupakan hal penting yang harus diberikan kepada masyarakat salah satunya kepada siswa sekolah dasar. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti apakah media poster efektif untuk meningkatkan pembelajaran kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir. Fokus dalam penelitian ini adalah penyusunan media poster untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir sehingga diharapkan pendidikan yang ingin disampaikan dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain poster, melakukan uji tingkat keefektifan media poster, mengetahui proses pembelajaran menggunakan poster untuk kesiapsiagaan bencana banjir, dan mengetahui hasil belajar mata pelajaran IPS dan pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana banjir pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diambil berupa hasil test, profil, dan observasi yang dilakukan di SD Negeri 01 Sidamulya, data tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif. Data hasil uji kelayakan media poster Kesiapsiagaan Bencana Banjir dilakukan kepada wali kelas dan kepala sekolah yang terlibat secara langsung, data uji kelayakan di ukur menggunakan angket kemudian dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan media poster layak digunakan dengan presentase uji kelayakan oleh 2 validator guru dan dosen ahli yaitu 73,86% dan dapat meningkatkan hasil belajar baik dari aspek afektif, kognitif, maupun aspek psikomotorik. Hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dari aspek kognitif dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test. Dimana nilai rata-rata hasil post-test lebih tinggi dibanding nilai rata-rata hasil pre-test. Media poster dikatakan sangat efektif dengan skor 133 yang didapat dari tanggapan guru yang berjumlah 4 responden yaitu diperoleh presentase akhir yaitu 92,361%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media poster dapat dikategorikan efektif dengan predikat baik, dan memiliki respon baik. Sehingga, peneliti menyarankan agar sekolah dapat memperbaiki dan melengkapi fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran dan perbaikan fasilitas pendidikan sehingga lebih berdaya guna dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:39
Last Modified: 09 Nov 2017 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27370

Actions (login required)

View Item View Item