PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2015/2016


Akhmad Hidayat Mioryza, 5101412055 (2016) PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas mata pelajaran menggambar konstruksi program keahlian teknik konstruksi batu beton SMK Negeri 2 Purwodadi ditemukan beberapa permasalahan. Siswa kelas XI kurang aktif dan kurang nya referensi belajar dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar yang didapat siswa belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan guru. Rumusan masalah penelitian “Bagaimana tanggapan siswa dan guru terhadap pemanfaatan aplikasi Lectora sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi yang diterapkan di kelas XI TKBB SMK N 2 Purwodadi”. Seberapa besar peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi pada peserta didik yang menggunakan media belajar Konstruksi Bangunan 2 dengan aplikasi lectora inspire di kelas XI TKBB SMK N 2 Purwodadi”. Jenis penelitian adalah penelitian quasi experimental design, dilakukan dengan dua kelas, kelas eksperimen menggunakan kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) 2 dan untuk kelas kontrol menggunakan kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) 1. Kegiatan pembelajaran meliputi serangkaian proses belajar dari pre-test, perlakuan, uji tes gambar sampai post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai ketuntasan kelas eksperimen sebesar 69,7% dan kelas kontrol 27,8%, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas dengan kontrol. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai kognitif kelas eksperimen sebesar 86,06dan untuk kelas kontrol sebesar 78,80, nilai peningkatan psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 4,22dan kelas kontrol sebesar 3,64. Kesesuaian media belajar juga ditanggapi oleh siswa dan guru dengan pendapat baik sebesar 80,3 % yang menunjukkan bahwa media belajar ini layak digunakan pada proses pembelajaran Menggambar Konstruksi. Simpulan penelitian adalah pemanfaatan media belajar dengan aplikasi lectora inspiremembantu siswa dalam memahami materi menggambar konstruksi beton pada bangunan gedung dan hasil belajar siswa berupa aspek kognitif dan psikomotorik siswa meningkat. Saran yang diberikan peneliti yaitu guru hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kondisi siswa dan materi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Menggambar Konstruksi,Hasil Belajar Siswa.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 18:12
Last Modified: 09 Nov 2017 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27357

Actions (login required)

View Item View Item