PENYUSUNAN BUKU NONTEKS MENGENAL BENCANA GUNUNG API SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI SEKOLAH


Laksmi Puspitarani , 3201412057 (2016) PENYUSUNAN BUKU NONTEKS MENGENAL BENCANA GUNUNG API SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI SEKOLAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (641kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana terutama bencana gunung api. Bencana tidak dapat dihindari namun dapat diantisipasi apabila masyarakat mempunyai informasi yang cukup mengenai budaya pencegahan bencana. Namun sayangnya masih kurang informasi yang didapat masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan pada saat terjadi bencana, khususnya bagi anak-anak. Lemahnya pemahaman masyarakat terutama anak-anak tentang bencana dan mitigasinya lebih disebabkan karena pesan yang disampaikan oleh media pembelajaran yang ada tidak menarik, monoton, dan kurang mengasah keterampilan dan sikap anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendesain produk buku nonteks mengenal bencana gunung api sebagai upaya pengurangan risiko bencana di sekolah (2) menyusun buku nonteks mengenal bencana gunung api sebagai upaya pengurangan risiko bencana di sekolah (3) mengetahui tingkat kelayakan buku nonteks mengenal bencana gunung api sebagai upaya pengurangan risiko bencana di sekolah. Objek dan subjek penelitian ini adalah buku nonteks mengenal bencana gunung api. Buku tersebut kemudian diuji tingkat kelayakannya oleh praktisi yaitu guru mata pelajaran geografi dan ditanggapi oleh siswa SMA Negeri di Kabupaten Tegal kelas X. Penentuan sekolah dan guru menggunakan teknik areal sampling dan kuota sampling. SMA N 1 Bojong, SMA N 1 Balapulang, SMA N 1 Slawi, SMA N 1 Pangkah, SMA N 1 Kramat, dan SMA N 1 Warureja terpilih sebagai lokasi penelitian, guru mata pelajaran geografi sebagai praktisi uji kelayakan buku nonteks dan siswa kelas X sebagai pengguna menanggapi buku nonteks. Variabel dalam penelitian ini adalah desain, penyusunan, dan tingkat kelayakan buku nonteks mengenal bencana gunung api. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan buku nonteks layak dengan predikat baik dan tanggapan siswa terhadap buku nonteks mengenal bencana gunung api baik. Ini ditunjukan oleh uji kelayakan dan tanggapan siswa yang telah dilakukan. Hasil uji kelayakan oleh guru memperoleh skor ≥ 55 yaitu 84,13 dan tanggapan siswa memperoleh skor ≥ 62,50 yaitu 80,85. Dengan demikian buku nonteks mengenal bencana gunung api layak digunakan sebagai media dalam rangka pengurangan risiko bencana di sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah guru maupun peserta didik diharapkan dapat menggunakan buku nonteks mengenal bencana gunung api sebagai sumber informasi mengenai bencana gunung api dalam upaya pengurangan risiko bencana di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Nonteks, Bencana Gunung Api
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:46
Last Modified: 09 Nov 2017 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item