PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH DAN PRAKTEK KAJIAN MENGOPERASIKAN TOTAL STATION TOPCON GTS 235N Series


Rizky Adi Nugroho, 5101411052 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH DAN PRAKTEK KAJIAN MENGOPERASIKAN TOTAL STATION TOPCON GTS 235N Series. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media merupakan suatu produk hasil dari penyempurnaan dari media sebelumnya dengan menyesuaikan kebutuhan dan tujuan belajar serta sistem penyampaiannya secara sistematis. Pengembangan media pembelajaran dirancang untuk mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan bahan dan aktivitas pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperlukan suatu pembelajaran agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi. Pengembangan Media merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi. Karakteristik materi mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek berupa teori dan praktikum maka dipilih media berupa Modul dilengkapi dengan Audio Visual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli media dan ahli materi, dan pengambilan data pendapat mahasiswa terhadap media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penilaian ahli materi sebesar 75.83%, hasil tersebut masuk dalam kategori baik. Penilaian Modul Pengoperasian Total Station Topcon GTS235Nseries oleh ahli media sebesar 89,84%, masuk dalam kategori sangat baik dan penilaian ahli media terhadap media audio visual sebesar 92,01% masuk dalam kategori sangat baik serta pendapat mahasiswa pada Modul Pengoperasian Total Station Topcon GTS235Nseries dilengkapi dengan Audio Visual dapat membantu kesulitan belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan S1 dalam mengikuti mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek sebesar 82,75%,yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan Modul Pengoperasian Total Station Topcon GTS235Nseries dengan dilengkapi Audio Visual dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa. Untuk menyempurnakan kualitas media pembelajaran diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk mengimplementasikan media terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ilmu Ukur Tanah dan Praktek, Total Station.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:32
Last Modified: 09 Nov 2017 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item