PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PRINSIP-PRINSIP DASAR PETA DAN PEMETAAN SISWA KELAS XII IPS SMA MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016


Zakaria Al Ansori , 3201411167 (2016) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PRINSIP-PRINSIP DASAR PETA DAN PEMETAAN SISWA KELAS XII IPS SMA MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411167.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (880kB) | Preview

Abstract

Pengajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas belajar dan aktivitas mengajar. Aktivitas belajar merupakan aktivitas yang dilakukan peserta didik, sedangkan aktivitas mengajar merupakan aktivitas guru dalam proses pembelajaran. Parameter untuk menguasai suatu pengetahuan bukan hanya dilihat dari hasil belajar pada akhir materi. Dalam mempelajari geografi terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan siswa untuk dapat dikatakan menguasai pengetahuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar geografi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskripsi persentase untuk mengetahui sejauh mana aktivitas belajar siswa dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar geografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum aktivitas belajar siswa masuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 67,22%. Aktivitas belajar siswa dalam penelitian dinilai dengan 8 indikator, aktivitas yang paling tinggi yaitu aktivitas membaca peta sebesar 74,76% sedangkan aktivitas paling rendah adalah aktivitas mendengarkan penjelasan proyeksi peta sebesar 58,17%. Hasil dari analisis, nilai korelasi sebesar 0,8122 termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar geografi yaitu sebesar 65,97%. Hal ini berarti hasil belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar siswa sebesar 65,97%, sedangkan 34,03% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui. Untuk mendapatkan hasil yang baik siswa harus memiliki aktivitas yang tinggi, karena aktivitas belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Semakin tinggi aktivitas siswa maka semakin tinggi juga hasil belajar yang dicapai. Simpulan dari penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran geografi termasuk dalam kriteria tinggi, aktivitas yang paling tinggi adalah aktivitas membaca peta. Ada pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan supaya guru membuat kegiatan belajar lebih menarik dan inovatif supaya siswa aktif dalam mangikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivias Belajar, Hasil Belajar, Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 17:06
Last Modified: 08 Nov 2017 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27298

Actions (login required)

View Item View Item