MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH HIDROLIKA SALURAN TERBUKA SUB BAHASAN BENDUNG


Basith Sakhirul Alim, 5101411009 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH HIDROLIKA SALURAN TERBUKA SUB BAHASAN BENDUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada mata kuliah hidrolika saluran terbuka terdapat kegiatan praktikum, sehingga dengan adanya media pembelajaran diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah memahami materi praktikum dan mengerti tata acara praktikum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran audio visual dalam mata kuliah hidrolika saluran terbuka sub bahasan bendung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli media, ahli materi serta pengambilan data persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran audio visual dapat digunakan untuk praktikum mata kuliah hidrolika saluran terbuka sub bahasan bendung sehingga mahasiswa dapat belajar mandiri, hal ini ditunjukan oleh hasil persepsi mahasiswa yang masuk pada kriteria sangat baik dengan presentase sebesar 81,40 %. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa audio visual dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio visual; Hidrolika Saluran Terbuka, bendung.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 13:22
Last Modified: 08 Nov 2017 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item