KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Dwi Novi Susanti , 3201411003 (2016) KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik tidak terlepas oleh peranan pemerintah. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu dengan melakukan pembaharuan terhadap kurikulum. Adanya pembaharuan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 maka harus diiringi pula pemahaman dan keterampilan calon guru dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013 dengan baik, sehingga dapat menjadi bekal dan pedoman dalam mengajar secara sistematis dan terstruktur. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut. 1) Bagaimana keterampilan mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013? 2) Bagaimana hubungan pemahaman dengan keterampilan mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013? 3) Apakah kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013? Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui keterampilan mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013; 2) mengetahui hubungan pemahaman dengan keterampilan mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013; dan 3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang yang sedang menempuh mata kuliah Micro Teaching sebanyak 127 dan sampel yang diambil sebanyak 70 responden dengan teknik sampling purposive. Variabel penelitian ini meliputi keterampilan mahasiswa menyusun RPP Kurikulum 2013, pemahaman mahasiswa tentang RPP Kurikulum 2013, dan kendala yang dihadapi dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis statistik Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 sudah termasuk kriteria terampil (88,57%). Berdasarkan hasil analisis statistik Chi Kuadrat menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara pemahaman dengan keterampilan dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Berdasarkan analisis data melalui angket terbuka kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dapat diidentifikasi antara lain yaitu kisi-kisi dan instrumen penilaian, merumuskan indikator, menyusun LKS, evaluasi, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, penyusunan bahan ajar, tujuan pembelajaran, penentuan media dan sumber pembelajaran. Saran bagi mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang hendaknya dapat meningkatkan pemahamannya tentang RPP Kurikulum 2013. Bagi Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang perlu mengadakan pelatihan tentang penyusunan RPP Kurikulum 2013 untuk mahasiswa calon guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mahasiswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 12:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 12:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27244 |
Actions (login required)
View Item |