PERSEPSI SISWA MENGENAI PARTISIPASI ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MRANGGEN AHUN AJARAN 2015/2016


Zoenita Fitriani Rahman , 3201409083 (2016) PERSEPSI SISWA MENGENAI PARTISIPASI ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MRANGGEN AHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Partisipasi orang tua adalah keterlibatan orang tua secara sadar baik dalam bentuk fisik maupun non fisik yang menunjang pendidikan anaknya Partisipasi orang tua selama di rumah dapat di rasakan manfaat dan kegunaan oleh siswa itu sendiri selama proses belajar di rumah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk partisipasi orang tua kepada siswa pada pembelajarn IPS terpadu yang berlangsung di rumah sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas sampel kelas VII.7 dan VII.9 di SMP Negeri 3 Mranggen tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 72 siswa yang dilakukan secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode angket. Metode analisis data deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan bahwa partisipasi orang tua pada pembelajran IPS terpadu yang berlangsung di rumah sudah tergolong baik, meliputi partisipasi fisik dan partisipasi non fisik. Partisipasi fisik sendiri terdiri dari indikator penyediaan tempat belajar di rumah yang menunjukan persentase sebesar 43,66% yang tergolong tinggi, indikator pemberian alat bantu belajar di rumah menunjukan persentase sebesar 50,70% juga tergolong tinggi, serta sub indikator non fisik terdiri dari indikator pemberian bimbingan dan arahan kepada anak menunjukan persentase sebesar 67,61%, indikator pemberian motivasi belajar menunjukan persentase sebesar 53,52%. Saran yang diajukan dari hasil penelitian ini adalah bagi orang tua diharapkan lebih berpartisipasi dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah dengan cara memenuhi partisipasi fisik yang terdiri dari penyediaan failitas tempat belajar dan pemberian alat bantu belajar di rumah, serta memenuhi partisipasi non fisik yang berupa pemberian bimbingan dan arahan kepada anak, dan pemberian motivasi belajar. Bagi kepala sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, mampu menjalin kerjasama dengan orang tua, dan memberikan arahan kepada orang tua agar memberikan partisipasinya baik dalam bentuk fisik maupun non fisik dalam kegiatan belajar di rumah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Mengenai Partisipasi Orang Tua
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:05
Last Modified: 08 Nov 2017 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27241

Actions (login required)

View Item View Item