HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI PERSEBARAN HEWAN DI SMA NEGERI 13 SEMARANG


Anisa Wahyu Kurniati , 3201409032 (2016) HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI PERSEBARAN HEWAN DI SMA NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar pelajaran Geografi yakni metode ceramah. Metode ini dirasa kurang tepat karena menimbulkan kebosanan pada siswa sehingga siswa kurang memperhatikan pelajaran. Antusias siswa dalam mengikuti pelajaran pun juga kurang. Materi Geografi yang dipelajari dan dikaji mempunyai sudut pandang dan ruang lingkup yang luas. Perlu adanya media yang dapat membantu siswa memahami dan mengatasi keterbatasan siswa karena sudut pandang dan ruang lingkup yang luas. Dari permasalahan tersebut di atas ada satu masalah utama yang perlu mendapat perhatian, yaitu kurang maksimalnya penggunaan media dalam pembelajaran Geografi. Untuk itu perlu adanya kajian secara komprehensif untuk mengetahui penggunaan media untuk menunjang prestasi siswa dalam pembelajaran Geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media visual pada pembelajaran Geografi di SMAN 13 Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMAN 13 Semarang. Sedangkan sampel dari penelitian ini siswa kelas XI IIS 3 dan teknik pengambilan sampelnya dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi materi Persebaran Hewan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terhadap hasil belajar diketahui sebanyak 29 dari 34 siswa atau 85,3% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 mata pelajaran Geografi materi Persebaran Hewan tuntas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam mengembangkan media pembelajaran terutama media visual untuk meningkatkan kualitas dalam mendidik siswa. Serta dapat menjadi referensi siswa guna meningkatkan kompetensi siswa, sehingga lebih aktif dalam proses belajar. Untuk pihak sekolah agar dapat membangun mutu sekolah terkait dengan infrastruktur yang berhubungan dengan media visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Visual, Pembelajaran Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:17
Last Modified: 07 Nov 2017 12:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27235

Actions (login required)

View Item View Item