MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI DENGAN MEDIA PULBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KARANGASEM KECAMATAN TALUN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Aliyah , 6102914084 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI DENGAN MEDIA PULBAR PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KARANGASEM KECAMATAN TALUN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ialah: kurang ketepatan siswa dalam menukul bola sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran permainan bola kasti. Adapun permasalahan penelitian ini dirumuskan: “Apakah media pulbar dapat meningkatkan hasil belajar bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 ”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bola kasti pada siswa kelas IV SD negeri 01 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Metode Penilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.Data yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 20, yang terdiri 7 perempuan dan 13 laki-laki, dan penelitian dilaksanakan pada bulan Februari- Maret tahun 2016. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen pembelajaran terdiri dari silabus dan rpp dan instrumen evaluasi terdiri dari lembar observasi minat siswa, lembar observasi motivasi siswa, respon siswa dan tes praktik.Teknik analisis data dilakukan diskriptif dengan perhitungan rumus yang sudah ditentukan.Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari penerapan pembelajaran bola kasti dengan media pulbar pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Karangasem Kecamatan talun Kabupaten pekalongan mengalami peningkatan keseluruhan dari siklus I dan siklus II sebesar 7,03% dari 75.01%(siklus I) menjadi 82,04%(siklus II) dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan 30% dari 70%(siklus I) menjadi 90%(siklus II) Adapun simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pemukul modifikasi mempunyai dampak positif, meningkatkan hasil belajar bola kasti. Dari simpulan diatas peneliti mengajukan saran sebagai berikut: (1) Guru setidaknya berusaha terus untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan materi dan mengelola kelas, sehingga pembelajaran terus meningkat (2) Guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran (3) Guru yang belum mengembangkan model pembelajaran kasti hendaknya mencoba dengan media pulbar (4) Siswa hendaknya lebih rajin lagi dalam pembelajaran bola kasti disekolah dan jangan takut untuk mencoba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar dan Permainan bola kasti dengan pemukul lebar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 16:55
Last Modified: 03 Nov 2017 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item