PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELEMPAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOI SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH YOSOREJO 01 GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN 2016
Bambang Purnomo, 6102914068 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELEMPAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOI SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH YOSOREJO 01 GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar melempar bola kasti di MI Islamiyah Yosorejo 01 masih di bawah KKM yang sudah ditentukan yaitu 75, ini karena kurangnya motivasi dan adanya rasa takut bermain kasti ada 7 siswa (46,67 %), kurangnya pengetahuan permainan kasti 6 siswa (40,00 %) serta rendahnya kemampuan dan keberanian siswa dalam melakukan lemparan permainan kasti yaitu 2 siswa (13,33 %) . Permasalahan ini menjadi landasan dilaksanakannya penelitian melalui modifikasi permainan kasboi yang menggunakan bola tenis diberi ekor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan kasboi dapat meningkatkan hasil belajar melempar bagi siswa kelas IV MI Islamiyah Yosorejo 01 Tahun 2016?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melempar bola kasti melalui permainan kasboi bagi siswa kelas kelas IV MI Islamiyah Yosorejo 01 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelaksanaan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus di laksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV MI Islamiyah Yosorejo 01 yang berjumlah 15 siswa yang terdiri 9 siswa putri dan 6 siswa putra. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja siswa ,tes, lembar pengamatan, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil ketuntasan belajar pada siklus I, aspek psikomotorik 14 siswa (93,33%), aspek afekktif 11 siswa (73,3%), aspek kognitif 9 siswa (60%). Pada siklus II aspek psikomotorik 15 siswa (100%), aspek afektif 14 siswa (93,33%), aspek kognitif 12 siswa (80). Dalam penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 20,00%, dari siklus I 73,33% menjadi 93,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka di simpulkan bahwa melalui permainan kasboi dalam pembelajaran kasti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI islamiyah Yosorejo 01 Tahun 2016. Saran yang dapat disampaikan antara lain : 1) bagi siswa untuk bisa menyukai materi pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru, 2) bagi guru supaya bisa menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif sehingga dapat menghidupkan suasana pembelajaran Penjasorkes.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Bola Kasti, Melempar, Permainan Kasboi |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 14:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 14:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27162 |
Actions (login required)
View Item |