MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR BOLA SASARAN PERMAINAN KASTI BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN PEMALANG
DEVI SUSANTI, 6102914049 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR BOLA SASARAN PERMAINAN KASTI BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam Pembelajaran permainan kasti, anak mengalami kesulitan dalam melempar bola ke sasaran karena anak kurang antusias dalam mengikutinya. Pembelajaran yang monoton berorientasi pada teknik, dan tidak ada modifikasi, maka peneliti tertarik untuk meningkatkan teknik dasar melempar bola kastii melalui modifikasi lempar bola sasaran permainan kasti SD Negeri 01 Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Semester II Tahun 2016. Apakah dengan bermain lempar bola ke sasaran permainan kasti dapat meningkatkan teknik dasar melempar bola bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar melempar bola kasti melalui bermain lempar bola sasaran permainan kasti bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Susukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 kali pertemuan yaitu siklus I tanggal 14 maret 2016 dan siklus II tangal 23 maret 2016. Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Susukan dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 10 siswa putri. Objek penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar teknik dasar melempar bola kasti bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Susukan. Lokasi penelitian di halaman SD Negeri 01 iii Susukan. Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi, Dokumentasi, tes praktik dan tes tertulis. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas 4 tahap yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan), dan reflection (refleksi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (Silabus, RPP, Lembar Observasi, Tes Praktik dan Tes Tertulis) dan instrumen evaluasi (aspek psikomotot, aspek kognitif, aspek afektif). Hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2. Nilai rata-rata siklus 1 (84,04%) dan siklus 2 (93,33%). Sehingga terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 27,09%. Pada aspek afektif dari kondisi awal 88,24% tuntas menjadi 100%, aspek kognitif dari kondisi awal 82,35% tuntas menjadi 94,12%, dan aspek psikomotor dari kondisi awal 29,41% menjadi 94,12%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain lempar bola sasaran permainan kasti dapat meningkatkan hasil pembelajaran lempar bola sasaran pada permainan kasti bagi siswa kelas IV SD Negeri 01 Susukan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Dapat disarankan guru dapat melakukan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa, diantaranya dengan menggunakan metode bermain lempar bola sasaran permainan kasti.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Melempar Sasaran, Kasti |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 20:26 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 20:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27136 |
Actions (login required)
View Item |