PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIREJO 1 TAHUN PELAJARAN 2016
MASKUNANTO , 6102914041 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIREJO 1 TAHUN PELAJARAN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar permainan bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Kalirejo 1 Kecamatan Salaman kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari catatan hasil pembelajaran permainan bola voli mini kelas V semester II Tahun pelajaran 2015/2016 mengenai kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar permainan bola voli mini, juga bisa dilihat dari nilai hasil belajar anak secara klasikal dari 28 anak yang tuntas 6 anak atau 21 % dan yang tidak tuntas 22 anak atau 79 %. Dimana KKM penjasorkes kelas V SD Negeri Kalirejo 1 adalah 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar bola voli mini pada siswa kelas V SD Negeri Kalirejo 1? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola voli mini melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas V SD Negeri Kalirejo 1 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan yang berlangsung 2 siklus, tiap siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalirejo 1 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja, pengolahan datanya menggunakan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I aspek psikomotor 18 siswa (64%), aspek afektif 20 siswa (71%), aspek kognitif 17 siswa (61%) dan ketuntasan belajar secara klasikal 18 siswa (64%) dari 28 siswa. Pada siklus II aspek psikomotor 24 siswa (86%), aspek afektif 25 siswa (89%), aspek kognitif 21 siswa (75%) dan ketuntasan belajar secara klasikal 24 siswa (86%) dari 28 siswa. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 22%, dari siklus I 64% menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola voli mini pada siswa kelas V SD Negeri Kalirejo 1 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran hendaknya pendekatan saintifik menjadi alternatif pilihan dalam permainan bola voli mini bagi guru pendidikan jasmani dan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Bola Voli Mini Pendekatan Saintifik |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 20:02 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 20:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27129 |
Actions (login required)
View Item |