PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SALAMAN 4 TAHUN 2016
Widodo Giri Marwoto , 6102914033 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SALAMAN 4 TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil pembelajaran lari estafet siswa kelas VI SDN Salaman 4 kurang optimal, hal ini dapat dilihat dari catatan hasil pembelajaran lari estafet kelas VI semester 2 tahun pembelajaran 2015/2016 mengenai kemampuan siswa dalam penguasaan gerak dasar lari estafet, juga bisa dilihat dari nilai hasil belajar anak secara klasikal dari 24 anak yang tuntas hanya 10 anak atau 41,7 % dan tidak tuntas 14 anak atau 58,3 %. Dimana KKM penjasorkes kelas VI SDN Salaman 4 adalah 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet pada siswa kelas VI SDN Salaman 4 ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari estafet melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VI SDN Salaman 4 kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tahun 2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, melalui pendekatan saintifik yang berlangsung dua siklus, tiap siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Salaman IV kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja, pengolahan datanya menggunakan deskritif persentase. Berdasarkan Hasil penelitian pada siklus 1, aspek kognitif tuntas 66,6 %, tidak tuntas 34,4 % , aspek afekif tuntas 20,83 % dan tidak tuntas 79,16 % aspek psikomotor tuntas 58,3 % dan tidak tuntas 41,7 %. hasil belajar siswa secara klasikal tuntas 14 siswa (58,3 %) dan tidak tuntas 41,7 % Pada Hasil penelitian pada siklus 2, aspek kognitif tuntas 100 %, aspek afekif tuntas 91,66 % tidak tuntas 8,33 %, aspek psikomotor tuntas 79,16 % tidak tuntas 20,83 % dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 21 siswa (87,5 %), tidak tuntas 12,5 %. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 29,5 %, dari siklus 1, 58% meningkat menjadi 87,5 % pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari estafet pada siswa kelas VI SDN Salaman 4 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2015/2016. Saran hendaknya pendekatan saintifik menjadi alternatif pilihan dalam pembelajaran lari estafet bagi guru pendidikan jasmani.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Lari Estafet, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 19:43 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 19:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27124 |
Actions (login required)
View Item |