PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS KATALOG MATERI TOKOH-TOKOH YANG TERLIBAT DALAM USAHA MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Dyah Setyorini , 3101412054 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS KATALOG MATERI TOKOH-TOKOH YANG TERLIBAT DALAM USAHA MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA N 1 Prembun menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki peranan yang sedikit dalam proses pembelajaran sejarah. Namun, bahan ajar yang beredar pada saat ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya suatu pengembangan bahan ajar terutama di SMA N 1 Prembun. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar yang digunakan pada materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas XI di SMA N 1 Prembun; (2) menghasilkan dan menganalisis bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran sejarah pada materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas XI di SMA N 1 Prembun; (3) mengetahui dan menganalisis kelayakan bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran sejarah pada materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia siswa kelas XI di SMA N 1 Prembun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Sumber data yang digunakan adalah informan dan angket (guru dan siswa), proses pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif dan deskripsi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) 80% siswa menyatakan membutuhkan bahan ajar sejarah yang lebih menarik pada materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia; (2) 80% siswa menyatakan bahwa katalog adalah bahan ajar yang dibutuhkan sebagai pelengkap proses pembelajaran sejarah; (3) katalog materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia di SMA N 1 Prembun dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) penggunaan bahan ajar di SMA N 1 Prembun pada materi tokoh-tokoh yang terlibat dalam usaha memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di SMA N 1 Prembun masih minim; (2) bahan ajar berbasis katalog dibuat sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran sejarah kelas XI di SMA N 1 Prembun; (3) bahan ajar berbasis katalog layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia di SMA N 1 Prembun. Dari hasil penelitian diatas saran yang peneliti berikan yaitu katalog yang telah dikembangkan dalam penelitian ini harus dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sejarah sebagai pelengkap materi untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Sejarah, Katalog, Tokoh, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:22
Last Modified: 02 Nov 2017 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27100

Actions (login required)

View Item View Item