PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POPUP DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA POKOK BAHASAN PERANG DIPONEGORO DAN PENGARUHNYA TERHADAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 4 UNGARAN


Anna Septiyani , 3101412043 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POPUP DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA POKOK BAHASAN PERANG DIPONEGORO DAN PENGARUHNYA TERHADAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII SMP N 4 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah perlunya dikembangkan media pembelajaran yang variatif sejenis Buku Pop-Up Perang Diponegoro yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi sejarah dalam pembelajaran IPS terpadu. Melalui media ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru serta membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kefektifan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk tertentu yang dapat digunakan dalam suatu proses pembelajaran. Hasil penelitian ini antara lain (1) peneliti menerjemahkan bahwa bentuk media pembelajaran yang sesuai untuk menanamkan nasionalisme menurut ciri-ciri yang disampaikan oleh guru IPS dan siswa-siswi kelas VIII D dan E adalah media pembelajaran cetak berbentuk buku Pop-Up, yang memiliki ilustrasi dan efek yang menakjubkan sehingga meminimalkan penggunaan listrik, (2) pengembangan media pembelajaran dilakukan beberapa tahapan penelitian yang secara keseluruhan mendapatkan hasil presentase 93,74% dari ahli materi dan ahli media, (3) terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran buku Pop-Up yang dibuktikan dengan perhitungan uji t mendapatkan nilai 3,607 > t tabel sebesar 2,042. Simpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan adalah penggunaan media pembelajaran Buku Pop-Up pada pembelajaran IPS terpadu berjalan efektif sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat nasionalisme siswa setelah pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran Buku Pop-Up Perang Diponegoro dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru serta membantu siswa dalam belajar secara mandiri sehingga guru dapat mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme disetiap materi sejarah yang terdapat dalam pembelajaran IPS terpadu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran Buku Pop-Up, pembelajaran IPS terpadu, nasionalisme.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:44
Last Modified: 02 Nov 2017 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item View Item