PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH YANG ADA DI KOTA JEPARA OLEH GURU SEJARAH DI SMAN 1 TAHUNAN JEPARA KELAS XI DAN XII IPS TAHUN AJARAN 2014/2015


Muhlas Ardi Buana , 3101411154 (2016) PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH YANG ADA DI KOTA JEPARA OLEH GURU SEJARAH DI SMAN 1 TAHUNAN JEPARA KELAS XI DAN XII IPS TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan sumber sejarah dalam pembelajaran sejarah sangatlah dibutuhkan untuk melatih peserta didik berfikir kreatif, sebab mereka harus belajar mencari informasi dari benda-benda mati yang sudah menjadi saksi sejarah. Peran guru dalam hal ini sangatlah menentukan dalam terlaksananya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengungkap (1), sejauh mana guru memanfaatkan sumber sejarah yang ada di kota jepara (2) , sejauh mana minat siswa terhadap pemanfaatan sumber sejarah yang ada di kota jepara (3), apa saja yang di hadapi guru dalam pemanfaatan sumber sejarah yang ada di jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMA N 1 Tahunan jepara. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI dan XII. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi. Uji keabsahan data di lakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pemanfaatan sumber sejarah yang ada dikota jepara sudah dilaksanakan dengan cara memberikan tugas kelompok dan kunjungan perkelas untuk membuat laporan dan dimasukkan dalam penilaian keterampilan. Minat siswa terhadap pengetahuan sejarah dari sumber sejarah dan juga bangunanya juga muncul setelah mengadakan kunjungan. Namun dalam pelaksanaanya tak lepas dari kendala. Kendala ini muncul dari berbagai aspek, yaitu kurangnya kesempatan (waktu) untuk melakukan kunjungan, karena membutuhkan waktu yang cukup. Selain itu kemalasan peserta didik juga menjadi kendala dalam proses pemanfaatan sumber sejarah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1)diharapkan guru bisa menambah obyek sumber sejarah yang bisa di kunjungi sebagai materi pembelajaran sejarah seperti benteng portugis, (2)perlu adanya perbaikan dalam pengelolaan yang ada di tempat sumber sejarah, sehingga mampu menumbuhkan minat peserta didik untuk berkunjung, (3)perlu adanya koordinasi antara guru dan siswa untuk mencari hari yang tepat untuk melakukan kunjungan, karena jika waktu pulang sekolah terus juga peserta didik masih capek dan tentu ini mempengaruhi minat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Sejarah, Guru sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:20
Last Modified: 01 Nov 2017 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27061

Actions (login required)

View Item View Item