PEMANFAATAN MUSEUM MINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA SEJARAH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizki Aditya Novali , 3101411072 (2016) PEMANFAATAN MUSEUM MINI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA SEJARAH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang merupakan calon tenaga pendidik tidak hanya harus memiliki potensi akademik tetapi juga harus memiliki keterampilan berbicara dan keterampilan di bidang lainnya yang berkaitan dengan proses pembelajaran sehingga mahasiswa harus memiliki jam terbang yang cukup dengan cara praktek langsung di lapangan yang salah satunya dengan mencari sumber pembelajaran berupa museum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah pengelolaan museum mini sejarah. (2) bagaimanakah pemanfaatan museum mini sejarah sebagai sumber belajar mahasiswa mata kuliah pra aksara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana persepsi mahasiswa angkatan 2013 terhadap museum mini, pengelolaan museum mini, dan manfaat museum mini sebagai sumber belajar sejarah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model intraktif yang mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan mahasiswa terhadap museum mini cukup baik namun dalam pengelolaan harus ditingkatkan lagi dan ditambahkan lagi koleksi – koleksi yang ada di museum mini sehingga lebih banyak lagi sumber belajar yang dapat menunjang proses perkuliahan di jurusan sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam memanfaatkan museu mini sebagai sumber belajar, mahasiswa hanya melakukannya ketika dosen pengampu mata kuliah memerintahkannya, pengelolaan yang sudah cukup baik namun belum maksimal dalam pelaksanaan, dan adanya kombinasi dalam menggunakan dan memanfaatkan museum mini sebagai sumber belajar. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dengan adanya penelitian ini diharapkan mahasiswa mengubah pandangan mengenai museum mini dan dari pihak jurusan dapat mengelola museum mini dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Museum, Sumber belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:15
Last Modified: 01 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item