KIAT GURU DALAM MENGINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 2 PATEBON TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Purwo Adi Wicaksono , 3101411036 (2016) KIAT GURU DALAM MENGINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 2 PATEBON TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS dewasa ini masih dianggap sebagai mata pelajaran kelas dua, masih dianggap kurang penting bila dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Sebagai guru Sejarah, pasti menginginkan agar mata pelajaran yang diampunya memiliki peningkatan kualitas agar bisa menyamai atau bahkan melebihi mata pelajaran lain. Untuk mewujudkan itu semua, pasti guru Sejarah mempunyai kiat-kiat tertentu. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman guru IPS tentang Pembelajaran IPS Sejarah, (2) Untuk mendeskripsikan kiat-kiat yang dimiliki dan dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Sejarah, (3) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMP Negeri 2 Patebon. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS di SMP Negeri 2 Patebon. Metode Pengumpulan data berupa : metode observasi, metode wawancara, study pustaka. Uji validitas data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian Setiap guru IPS di SMP Negeri 2 Patebon adalah sebagai berikut: Pemahaman guru mengenai pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 2 Patebon, guru mengartikan dan memandang Pembelajaran sejarah sebagai pembelajaran yang mempelajari bagaimana kehidupan manusia pada masa lampau, juga sebagai pembelajaran untuk menanamkan nilai dan karakter kepada siswa. Evaluasi yang dilakukan adalah Evaluasi Sumatif. Kiat yang dilaksanakan oleh guru IPS di SMP Negeri 2 Patebon adalah sebagai berikut, menggunakan media pembelajaran seperti gambar, peta, grafik, globe, memanfaatkan LCD Proyektor, menggunakan metode pembelajaran seperti jigsaw, metode ceramah dan metode kuis. Kendala yang dihadapi oleh guru IPS di SMP Negeri 2 Patebon, diantaranya adalah semangat guru untuk meningkatkan kreativitas atau variasi mengajar masih kurang, ketidakdisiplinan siswa ketika guru mengajar di kelas. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Guru harus lebih variatif dalam mengajar, jangan puas dengan hanya menggunakan satu metode saja, tapi harus lebih kreatif lagi dalam menggunakan metode pembelajaran. (2) Penguasaan kelas guru harus ditingkatkan, karena ketika di dalam kelas guru memiliki tanggungjawab untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif. (3) Sekolah harus menambah atau melengkapi sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, agar upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bisa berjalan dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kiat, Pembelajaran IPS Sejarah |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 17:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 17:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27058 |
Actions (login required)
View Item |