PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA
Hardika Tri Wicaksono , 1401412001 (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (628kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar yang optimal merupakan tujuan dari pembelajaran. Agar tercapainya hasil belajar yang optimal, maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain adalah keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar. Keterampilan mengajar guru yang baik akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Selain itu, fasilitas belajar yang memadai juga menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Variabel yang diteliti ada 3 yaitu keterampilan mengajar guru sebagai variabel bebas 1, fasilitas belajar sebagai variabel bebas 2, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitaian ini ialah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Sudirman, Bawang, Banjarnegara yang berjumlah 182 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket tertutup dengan menggunakan skala likert 4. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 21. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), analisis determinasi (R2), regresi secara parsial (Uji t), dan koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil dari penelitian ini: (1) ada pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar ditunjukkan dari hasil R sebesar 0,334 dan R2 sebesar 11,1%, thitung >ttabel (2,842>1,979) dan signifikansinya 0.005<0.05; (2) ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dari hasil R sebesar 0,324 dan R2 sebesar 10,5%, thitung>ttabel (2,679>1,979) dan signifikansinya 0.008<0.05; (3) ada pengaruh antara gaya keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ditunjukkan dari R sebesar 0,400 dan R2 16%, fhitung> ftabel (11,733>3,069) dan signifikansinya 0.00 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus Sudirman, Bawang, Banjarnegara. Persentase sumbangan pengaruh keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa tersebut sebesar 16%, sedangkan sisanya sebesar 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah hendaknya guru lebih meningkatkan lagi keterampilan mengajar agar hasil belajar siswa juga meningkat. Selain itu, sekolah hendaknya juga meningkatkan fasilitas belajar yang dapat menunjang proses pembelajaran, karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru; Fasilitas Belajar; Hasil Belajar Siswa; |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 12:43 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 12:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27034 |
Actions (login required)
View Item |