PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW BERBANTUAN MEDIA BOOKLET SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03
YAYANG ALIF PANJAYA , 1401411259 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW BERBANTUAN MEDIA BOOKLET SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (631kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Keterampilan membaca wajib diberikan untuk intervensi keaksaraan di tingkat dasar. Dari hasil observasi di kelas VB SDN Purwoyoso 03 Semarang ditemukan bahwa pada pembelajaran membaca pemahaman hanya 12 siswa (28,57%) dari 42 siswa yang dapat menguasai kompetensi dasar menyimpulkan isi cerita anak, sedangkan sisanya 30 siswa (71,43%) mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan karena rendahnya keterampilan guru, rendahnya aktivitas siswa, dan kurangnya variasi model pembelajaran dan media dalam pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Survey-Question-Read-Recite-Review (SQ3R) berbantuan media Booklet dalam pembelajaran membaca pemahaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model SQ3R berbantuan media Booklet dapat meningkatkan ketreampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan membaca pemahaman menyimpulkan isi cerita anak kelas VB SDN Purwoyoso 03 Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Purwoyoso 03 pada pembelajaran membaca pemahaman melalui model SQ3R berbantuan media Booklet. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang meliputi 3 siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Instrumen penelitian berupa hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumen. Selanjutnya data di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa (sejumlah 42 siswa) dan guru kelas. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus I meningkatkan keterampilan guru dengan skor 22 dan kriteria baik, aktivitas siswa dengan skor rata-rata 22,44 dan kriteria baik, dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 64,29% (27 dari 42 siswa). Siklus II mening-katkan keterampilan guru dengan skor 24 dan kriteria baik, aktivitas siswa dengan skor rata-rata 24,07 dan kriteria baik, dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,57% (33 dari 42 siswa). Siklus III meningkatkan keterampilan guru dengan skor 29 dan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan skor rata-rata 27,95 dan kriteria sangat baik, dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,48% (38 dari 42 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model SQ3R berbantuan media Booklet dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran bagi siswa agar lebih rajin belajar. Saran bagi guru dapat menerapkan model SQ3R berbantuan media Booklet sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman di SD.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Booklet; Cerita Anak; Membaca; SD; SQ3R. |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 12:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 12:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27029 |
Actions (login required)
View Item |