MODEL PENGEMBANGAN SENAM HEALTHY DANCE DALAM AKTIVITAS RITMIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016


M.Mubarizi , 6101412049 (2016) MODEL PENGEMBANGAN SENAM HEALTHY DANCE DALAM AKTIVITAS RITMIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101412049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hanya senam skj saja yang digunakan dalam pembelajaran aktivitas ritmik dikarenakan guru tidak memiliki kompetensi keahlian dalam bidang senam irama. Sehingga model pembelajaran memiliki kekurangan yaitu siswa menjadi jenuh, kurang memotivasi siswa dan kurang mengembangkan kreativitas gerak siswa. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan Senam Healthy Dance dalam aktivitas ritmik di SMP Negeri Di Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk senam Healthy Dance untuk pembelajaran penjasorkes. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) melakukan analisis kebutuhan didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah atas, (4) uji coba kelompok kecil (15 siswa), (5) perbaikan desain revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (6) uji coba kelompok besar (93 siswa), (7) revisi produk akhir, (8) Produk Akhir Senam Healthy Dance. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli penjas, ahli pembelajaran dan siswa, hasil pengamatan siswa dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes dan lembar evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil pertama diperoleh data evaluasi ahli penjas dan dua ahli pembelajaran diperoleh presentase 80,55% (baik), dan hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase dari aspek kognitif 83,4% (Baik), afektif 81,3% (Baik), psikomotork. 81,3% (Baik), dan rata-rata keseluruhan diperoleh presentase 82% (Baik).Hasil uji coba kelompok besar diperoleh data evaluasi ahli penjas dan dua ahli pembelajaran diperoleh presentase 96,10% (Sangat Baik), hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh presentase dari aspek kognitif 91,4%(Sangat Baik), afektif 88,3 (Baik), psikomotork 83%,7% (Baik), dan ratarata keseluruhan diperoleh presentase 87,8% (Sangat Baik) Kesimpulan model pengembangan senam Healthy Dance dalam aktivitas ritmik pada siswa kelas Vll SMP Negeri Di Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes. Saran bagi guru model pengembangan senam ini sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran aktivitas ritmik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penjasorkes, Aktivitas Ritmik, Model Senam Healty Dance
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 18:38
Last Modified: 31 Oct 2017 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27006

Actions (login required)

View Item View Item