PENGARUH KONSEP DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI SE-SUB RAYON 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Tika Nur Khasanah , 1301412124 (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA SMP NEGERI SE-SUB RAYON 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (985kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena di salah satu SMP Negeri di sub rayon 1 Kota Semarang yaitu SMP Negeri 39 Semarang yang menunjukkan interaksi sosial di sekolah kurang baik. Hal tersebut disebabkan karena konsep diri dan komunikasi interpersonal siswa yang kurang baik pula yang ditandai dengan siswa yang menutup diri, berhati-hati dalam berkata, merasa berbeda dengan yang lain, mudah tersinggung dan marah, dan sukar menyesuaikan diri bahkan terisolir. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui dan menganalisis bagaimana gambaran konsep diri, komunikasi interpesonal, dan interaksi sosial pada siswa, serta seberapa besar pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosial. Jenis penelitian ini adalah Expost Facto dengan variabel konsep diri (X1), komunikasi interpersonal (X2), dan interaksi sosial (Y). Subjek penelitian ini berjumlah 286 siswa pada SMP Negeri se-sub rayon 1 Kota Semarang dengan teknik proportionate stratified random sampling, sesuai tabel Isaac dan Micahel 5%. Pengumpulan datanya menggunakan skala konsep diri, skala komunikasi interpersonal, dan angket interaksi sosial. Validitas instrumen menggunakan validitas konstrak dengan rumus Product Moment dan reliabilitas instrumen menggunakan internal consistency dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa gambaran konsep diri, komunikasi interpersonal, dan interaksi sosial tergolong kriteria baik yakni 75%, 81%, dan 80%, serta ada pengaruh signifikan konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosial sebesar 54,1%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semakin baik konsep diri dan komunikasi interpersonal maka akan semakin baik pula interaksi sosial yang terjalin pada siswa. Oleh karena itu guru BK perlu memberikan layanan informasi dengan media video kisah inspirasi guna perbaikan konsep diri, bimbingan kelompok dengan teknik permainan kerja sama atau bermain peran guna perbaikan komunikasi interpersonal dan interaksi sosial pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal, Interaksi Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 17:28
Last Modified: 31 Oct 2017 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26999

Actions (login required)

View Item View Item