HUBUNGAN ANTARA JENIS POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TULIS KEC.TULIS KAB.BATANG
Leni Hartarti , 1301412114 (2016) HUBUNGAN ANTARA JENIS POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TULIS KEC.TULIS KAB.BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (856kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fenomena pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tulis, 88,1% telah memiliki jadwal belajar dan prosentase pengumpulan tugas 88%. Sementara kerapian dan kelengkapan catatan hanya 28,8% serta prosentase kunjungan perpustakaan 47%. Adanya fenomena dari beberapa aspek kebiasaan belajar dapat dipengaruhi oleh faktor tertentu. Kebiasaan belajar yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi keberhasilan di sekolah. Keberhasilan di sekolah dapat terwujud bilamana orang tua berhasil mendidik anak. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) adakah hubungan antara pola asuh otoritarian dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang (2) adakah hubungan antara pola asuh otoritatif dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang (3) adakah hubungan antara pola asuh mengabaikan dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang (4) adakah hubungan antara pola asuh memanjakan dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang. Metode penelitian ini kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 143 siswa. Teknik sampling yang digunakan kuota sampling dengan jumlah sampel 104 berdasarkan rumus Isaac dan Michael.. Alat pengumpul data yang digunakan angket kebiasaan belajar dan angket pola asuh yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yakni (1) ada hubungan yang negatif antara pola asuh otoritarian dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang, (2) ada hubungan yang positif antara pola asuh otoritatif dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang, (3) ada hubungan yang negatif antara pola asuh mengabaikan dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang, serta (6) ada hubungan yang negatif antara pola asuh memanjakan dengan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Tulis Kec. Tulis Kab. Batang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan belajar, otoritarian, otoritatif, mengabaikan, memanjakan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 14:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 14:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26996 |
Actions (login required)
View Item |