PENGARUH KONSELING KELOMPOK TRAIT AND FACTOR TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGATASI KESULITAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 MAGELANG


Yenni Rakhmi Kurniasih , 1301412081 (2016) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TRAIT AND FACTOR TERHADAP KEMAMPUAN DALAM MENGATASI KESULITAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 3 Magelang yang menunjukkan bahwa siswa kelas XII mengalami kesulitan karir yang tinggi, khususnya mengenai perencanaan karir. Melalui konseling kelompok trait and factor diharapkan dapat mengurangi kesulitan perencanaan karir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui perencanaan karir siswa sebelum diberikan konseling kelompok trait and factor. (2) mengetahui perencanaan karir siswa setelah diberikan konseling kelompok trait and factor. (3) membuktikan pengaruh konseling kelompok trait and factor terhadap kemampuan dalam mengatasi kesulitan perencanaan karir. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental design, dengan menggunakan One group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian sebanyak 7 siswa yang memiliki masalah karir paling tinggi. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment dan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis deksriptif persentase dan uji wilcoxon. Perencanaan karir sebelum diberikan konseling kelompok trait and factor memiliki rata-rata 64,54% termasuk kategori sedang. Sedangkan perencanaan karir setelah diberikan konseling kelompok trait and factor memiliki rata-rata 74,28% termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji wilcoxon dengan taraf kesalahan 5% diketahui thitung lebih kecil dari ttabel (0<2) maka ha diterima. Artinya konseling kelompok trait and factor berpengaruh terhadap kemampuan dalam mengatasi kesulitan perencanaan karir siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, trait and factor, perencanaan karir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2017 13:46
Last Modified: 31 Oct 2017 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item View Item