PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOFTBALL MENGGUNAKAN PERMAINAN SOFT KIPPERS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JUWANA KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI


RONI WINARDI , 6101411221 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOFTBALL MENGGUNAKAN PERMAINAN SOFT KIPPERS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JUWANA KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411221.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran softball di SMP Negeri 2 Juwana belum terlaksana dengan maksimal dikarenakan sarana dan prasarana yang belum lengkap, guru hanya memanfaatkan alat yang dimiliki oleh sekolah dalam pembelajaran bola kecil khususnya softball dan kesulitan anak untuk mengerti tentang teknik yang ada dalam permainan softball. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model permainan soft kippers dalam pembelajaran softball pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana Kabupaten Pati.” Sedangkan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model permainan soft kippers pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall dengan langkah-langkah yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, didapat dari hasil pengumpulan informasi, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan dan dan satu ahli pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 2 Juwana, (4) uji coba skala kecil (18 siswa), (5) revisi produk pertama, (6) uji coba skala besar (32 siswa), (7) revisi produk akhir berdasarkan hasil uji coba skala besar, (8) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner siswa, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Data hasil uji coba I diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli permainan 95% (sangat baik), ahli pembelajaran 86,67% (baik). Hasil pada uji coba I aspek psikomotor 76,85% (baik), afektif 87,03% (baik), kognitif 78,89% (baik), dari hasil rata-rata keseluruhan pada uji coba skala kecil 80,92% (baik). Dari hasil uji coba II diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli permainan 95% (sangat baik), ahli pembelajaran penjasorkes 90% (baik), dari hasil uji coba II aspek psikomotor 84,37% (baik), afektif 93,2% (sangat baik), kognitif 89,69%(baik), rata-rata hasil uji skala besar 89,1% (baik). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan soft kippers dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juwana. Dapat disarankan bagi guru pendidikan jasmani di SMP untuk menggunakan produk permainan soft kippers dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, softball, soft kippers
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2017 20:15
Last Modified: 27 Oct 2017 20:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

View Item View Item