IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENJASORKES SMA/SMK SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2014/2015


Ido Gunawan , 6101411159 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENJASORKES SMA/SMK SE-KOTA PEKALONGAN TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411159.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah pengalaman peneliti yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran penjasorkes dengan kurikulum 2013 pada saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan isu pro kontra pemberlakuan Kurikulum 2013 yang ramai dibicarakan di media yang berujung moratorium. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Penjasorkes SMA/SMK se-Kota Pekalongan, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pelaksanaan penelitian adalah kepada seluruh guru yang mengampu mata pelajaran Penjasorkes di SMA/SMK se-Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015 yang masih melanjutkan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferability dan konfirmability. Metode analisis data dari penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusing drawing/verivication (penarikan kesimpulan dan pengujian). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah diketahui 5 kepala sekolah sudah menjalankan peran dan tugas sangat baik. Untuk hasil dari perencanaan 10 guru sudah melaksanakan pembuatan RPP, penyusunan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013.Pelaksanaan pembelajaran diketahui 10 guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan saintifik. Evaluasi diketahui untuk mendapatkan penilaian sikap guru mendapatkan dari observasi, untuk nilai pengetahuan guru mendapatkan dari tes tulis dan penugasan, dan untuk nilai keterampilan guru mendapatkan dari tes praktek dan portofolio. Simpulan dalam penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran penjasorkes di SMA/SMK se-Kota Pekalongan berjalan dengan cukup baik. Implementasi Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran penjasorkes di SMA/SMK se-Kota Pekalongan berjalan dengan baik. Dan implementasi Kurikulum 2013 pada evaluasi pembelajaran penjasorkes di SMA/SMK se-Kota Pekalongan berjalan kurang baik. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah guru diharapkan mengikuti terus pelatihan tentang Kurikulum 2013 agar memahami betul mengenai pelaksanaan Kurikulum baru, guru harus belajar membuat rubrik penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013 sehingga penerapannya sesuai dengan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013 dan Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 19:40
Last Modified: 20 Oct 2017 19:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item