PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PASSBALL AREA PADA PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SD YPPK AMGOTRO-YURUF KABUPATEN KEEROM
MUCHAMAD ANIF SETIAWAN , 6101411112 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PASSBALL AREA PADA PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SD YPPK AMGOTRO-YURUF KABUPATEN KEEROM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pembelajaran pemahaman bola basket bagi siswa Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Persekolahan Khatolik Amgotro-Yuruf Kabupaten Keerom dalam pelaksanaannya masih menghadapi kendala, sehingga tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan standar permainan bola basket. Dari hasil observasi awal peneliti menemukan masalah dalam pembelajaran penjasorkes sebagai berikut yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran bola basket serta kurang mengenalnya siswa dengan permainan bola basket. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Produk hasil Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes melalui Permainan Passball Area pada siswa kelas V Sekolah Dasar Yayasan Pendidian Persekolahan Khatolik Amgotro-Yuruf Kabupaten Keerom?. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan passball area bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Persekolahan Khatolik Amgotro-Yuruf Kabupaten Keerom. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari borg &Gall yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data ( research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) penegmbangan draf produk,(4) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba sksla kecil dengan menggunkan 14 subjek uji coba , satu ahli penjas, dan satu ahli pembelajaran. Selama uji coba deiadakan pengamatan dan pembagia angket atau kuesioner bagi ahli pembelajaran maupun subjek uji coba, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunkan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan yaitu dengan 20 subjek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil uji coba I diperoleh data evaluasi ahli penjas yaitu, 80 % (baik), ahli pembelajaran 84 % (baik) dan dari hasil uji coba II diperoleh data evaluasi ahli penjas yaitu,82 (baik), ahli pembelajaran 88 % (baik), uji coba I 80,30 (baik), uji coba II 83,94(baik). Dari data yang dihasilkan dari uji coba I dan uji coba II mengalami kenaikan 4%. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan passball area dapat digunakan untuk siswa kelas V SD YPPK Amgotro-Yuruf Kabupaten Keerom. Saran bagi guru penjas di Sekolah yaitu agar permainan passball area ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran penjasorkes khususnya pembelajaran bola basket.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, permainan bola basket, Passball Area |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 19:06 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 19:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26882 |
Actions (login required)
View Item |