PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “TRIANGLE FOOTBALL” DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IV DAN V SD YPK FORWASI DISTRIK SENGGI KAB. KEEROM PROVINSI PAPUA


Fany Parantya , 6101411107 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “TRIANGLE FOOTBALL” DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IV DAN V SD YPK FORWASI DISTRIK SENGGI KAB. KEEROM PROVINSI PAPUA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan wawancara adalah kurangnya ranah pengembangan pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model Triangel Football dalam pembelajaran penjasorkes kelas IV dan V SD YPK YPK Forwasi Distrik Senggi Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Pengembangan Model Permainan “Triangel Football” Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Pada Siswa Kelas IV dan V SD YPK Forwasi Walay Distrik Senggi Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) Melakukan studi pendahuluan dan pengamatan meliputi pengumpulan informasi, dan observasi lapangan, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan Triangel Football), (3) Evaluasi produk awal oleh para ahli, dengan menggunakan satu ahli pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan seorang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan menggunakan lembar evaluasi dan kuesioner dan konsultasi yang selanjutnya hasil dianalisis, (4) Melakukan revisi produk pertama dari hasil evaluasi ahli dan ujicoba skala kecil yang dilakukan terhadap kelompok kecil (12 siswa) sebagai pengguna produk, (5) Melakukan ujicoba skala besar dilapangan terhadap kelompok besar(18 siswa) sebagai pengguna produk,(6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan evaluasi dan analisis uji skala besar (7) hasil akhir model permainan Triangel Football bagi siswa kelas IV dan V yang dihasilkan melalui revisi ujicoba skala besar. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada ujicoba skala kecil didapat persentase sebesar 88% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan lembar pengamatan siswa pada ujicoba skala kecil didapat persentase sebesar 86% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada ujicoba skala besar didapat persentase sebesar 93% (sangat baik). Hasil rata-rata kuesioner dan lembar pengamatan siswa pada ujicoba skala besar didapat persentase 95% (Sangat Baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan Triangel Football ini dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas IV dan V SD YPK Forwasi Walay Distrik Senggi Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar diharap dapat menggunakan produk model permainan Triangel Football sebagai salah satu alternative dalam menyampaikan materi sepak bola pada pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Sepak Bola, Permainan Triangel Football
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 18:59
Last Modified: 20 Oct 2017 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26880

Actions (login required)

View Item View Item